image

Wawancara Online? Persiapan Yang Harus Kamu Lakukan

Saat ini wawancara kerja sudah mulai banyak dilakukan secara online. Apakah itu online atau wawancara ditempat, tentu saja ini akan selalu menjadi tahapan kalian untuk menjadi bagian perusahaan tersebut.

Jadi, pastikan kalian siap melakukan wawancara secara online. Berikut ini persiapan yang harus kalian lakukan untuk menghadapi wawancara secara online.

1. Pastikan jaringan internetmu lancar

Jaringan internet merupakan hal terpenting ketika melakukan wawancara online. Jika koneksi tidak lancar, pesan yang akan disampaikan tidak akan tersampaikan dengan baik. Sehingga kalian perlu mencari tempat yang kondusif, baik itu koneksi internet yang cepat atau mencari tempat  yg kondusif agar suara yang masuk, tidak bising.

2. Siapkan catatan dan alat tulis

Menyiapkan catatan merupakan hal penting yang harus kalian lakukan, karena catatan sendiri berfungsi sebagai pengingat poin-poin yang kalian butuhkan saat wawancara. Seperti kapan tanggalnya, apa tugas selanjutnya, atau apa yang harus kalian bawa di kemudian hari.

Selain itu, kalian juga dapat mencatat terlebih dahulu nama pewawancara atau menggali info mengenai perusahaan yang akan dilamar. Hal ini bertujuan untuk memperlancar proses wawancara.

3. Gunakan pakaian yang rapi

Walaupun interview berlangsung secara online, tetap jangan remehkan penampilan kalian. Gunakanlah pakaian yang rapi, seperti ketika kalian mengikuti wawancara tatap muka. Hal ini perlu dilakukan apalagi jika nanti perusahaan akan mengajakmu wawancara via video call. Sebut saja lewat aplikasi Skype, Google Hangouts, Whatsapp Video Call, atau lainnya. Sehingga kalian sudah siap di depan kamera dengan rapi.

4. Selalu perhatikan gaya nonverbal, bahasa, dan intonasi bicara.

Penting sekali bagi kalian untuk selalu memperhatikan gerakan nonverbal agar kalian terlihat dapat berkomunikasi dengan baik. Ini juga akan menunjukkan bahwa kalian merasa nyaman serta antusias ketika berbicara dengan pewawancara.

Selain itu, jangan lupa untuk memperhatikan penggunaan bahasa dan intonasi kalian. Karena melalui online, pemilihan kata-kata dan intonasi berbicara sangat penting, ini agar penyampaian pesan sesuai dengan tujuan kalian.

5. Jangan tutup telepon duluan

Untuk menghormati pewawancara, biarkanlah mereka yang menutup telepon terlebih dahulu. Jika kamu yang menutup lebih dulu, takutnya ada informasi terakhir yang lupa disampaikan pewawancara. Jika pewawancara sudah menutup telponnya terlebih dahulu, itu tandanya semua informasi sudah tersampaikan.

Yuk bagikan

tinggalkan komentar kamu


Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *