image

Kenapa CV mu Harus Selalu Di Update?

Mungki dari kalian ada yang bertanya “kenapa sih aku harus update CV?”. Nah apakah kamu salah satu orang yang bertanya hal itu? Nggak usah bingung lagi, berikut ini merupakan beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika kamu rajin memperbarui CV secara teratur:

1. Persiapan pindah kerja ke tempat lain

Pindah kerja tidak bisa kamu lakukan sembarangan. Sebelum memutuskan resign dari tempat kerjamu sekarang, sebaiknya kamu memikirkan dan mempersiapkan semuanya dengan matang. Salah satu hal yang wajib kamu persiapkan adalah CV mu yang sudah terupdate.

Mulai dari sekarang, kamu harus menuliskan informasi paling up-to-date tentang perjalanan kariermu. Dengan begitu, kamu tidak akan “keteteran” sesaat sebelum melamar pekerjaan baru nantinya.

2. Sebagai bahan evaluasi untuk diri sendiri

Dengan rajin update CV, kamu bisa memonitor perkembangan karier, prestasi, serta keahlian yang kamu punya. Dengan memperbarui CV, secara otomatis kamu akan mereview kembali posisi atau prestasimu di tempat kerja saat ini dan membandingkannya dengan apa yang kamu harapkan.

Kamu bisa mengevaluasi dan bertanya kepada diri sendiri, seperti “Dengan ilmu dan keahlian yang saya miliki, apakah saya cocok bekerja di perusahaan ini dan menempati posisi ini?” atau “Setelah bekerja sekian lama di perusahaan ini, apakah jenjang karier dan prestasi kerja saya sudah berkembang?”. Pada akhirnya, kamu akan bisa mengenali dirimu lebih dekat lagi.

3. Untuk menyusun strategi karier ke depan

Rajin meng-update CV akan membuatmu lebih mudah menyusun strategi karier ke depannya. Kamu bisa mengukur berbagai capaian yang telah kamu raih dan kontribusimu selama bekerja di perusahaan saat ini. Kalau kamu merasa prestasi atau kontribusimu masih kurang, kamu bisa menyusun beragam strategi untuk meningkatkannya.

4. Sebagai penyemangat

Dalam membuat CV, ada baiknya kamu hanya menyajikan informasi yang relatif baru. Misalnya, kalau kamu seorang fresh graduate S1, sebaiknya kamu gak menampilkan mengenai prestasimu saat SMA karena sudah terlalu lama dan gak relevan lagi dengan kondisi sekarang. Mau gak mau, kamu pun harus move on dan berbesar hati menghapus prestasi yang “sudah jadul” itu dan berusaha mencari berbagai prestasi baru sebagai penggantinya.

5. Persiapan mencari pekerjaan sampingan

Jangan heran, saat ini CV juga banyak dipakai sebagai senjata untuk mencari pekerjaan sampingan. Nyatanya, tidak sedikit perusahaan dan start-up yang tertarik untuk mempekerjakanmu sebagai freelancer jika memang CVmu menarik dan penuh informasi update.

Yuk bagikan

tinggalkan komentar kamu


Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sedang Upload