image

Tanggung Jawab dan Jobdesc Seorang Housekeeping

Housekeeping terdiri dari dua kata yaitu house yang berarti rumah dan keeping yang artinya menjaga. Jadi housekeeping akan berarti menjaga rumah.

Namun dalam arti luas housekeeping sendiri merupakan salah satu bagian dari department yang ada di dalam hotel yang bertanggung jawab untuk menjaga, merawat, dan membersihkan serta memelihara rooms atau kamar kamar hotel maupun area diluar kamar hotel agar tetap nyaman, indah, dan aman.

Lalu untuk lebih rincinya, berikut ini akan kami ulas 5 tugas pokok dan tanggung jawab dari departemen housekeeping :

1. Memelihara & Membersihkan kamar kamar tamu di hotel

Tugas utama yang harus dilakukan oleh seorang housekeeper adalam memelihara dan membersihkan kamar-kamar tamu yang ada di hotel. Hal ini sangat krusial, kenapa? Bayangkan saja jika kalian akan menginap di sebuah hotel, lalu ketika kalian sudah check-in kedalam kamar, kamar kalian kotor dan tidak tertata dengan rapi, jadi akankah kalian kembali ke hotel tersebut?

Membersihkan dan memelihara kamar dapat menciptakan suasana yang nyaman bagi para tamu. Jika tamu merasa nyaman untuk menginap di hotel kalian, maka akan berdampak positif untuk tempat kerja kalian.

2. Menata kamar 

Tidak hanya membersihkan saja, seorang housekeeping juga memilik tanggung jawab untuk menata setiap kamar tamu yang ada di hotel. Menata kamar memiliki tujuan untuk membuat kamar terlihat lebih indah dan bersih. Dengan membuat kamar terlihat lebih indah, tamu diharapkan dapat merasa senang selama menginap di hotel.

3. Melaporkan status kamar 

Tugas lainnya yang menjadi tanggung jawab dari seorang housekeeping adalah melaporkan status dari setiap kamar tamu. Contoh dari laporan tersebut seperti laporan barang yang ada di dalam kamar, apakah barangnya masih ada, atau hilang karena ada tamu yang mengambilnya. selain itu laporan juga bisa berupa temuan barang tamu yang tertinggal di kamar hotel.

Nantinya setelah kalian sudah selesai mendata kamar tersebut, data tersebut akan kalian laporkan kepada front office. yang nantinya akan menjadi tanggung jawab front office.

4. Menjaga kebersihan public area

Seorang housekeeper tidak hanya sebatas bertugas untuk menjaga kebersihan tamu saja. Menjaga kebersihan area area umum hotel atau public area juga bisa menjadi tugas seorang housekeeper. Lalu apa saja yang termasuk kedalam area umum atau publik di hotel? berikut ini area area umum yang terdapat di dalam sebuah hotel:

  • Lobby
  •  Corridor
  • Ballroom atau Meeting Room
  • Swimming Pool
  • Kids center
  • Lounge
  • Sport center, dll

5. Merawat peralatan kerja

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan oleh seorang housekeeping yaitu peralatan kerja. Menjadi tanggung jawab seorang housekeeping untuk menjaga dan merawat peralatan kerjanya, bukan hanya kamar saja yang dirawat. Merawat peralatan kerja mampu menjaga usia peralatan sehingga dapat membuat pekerjaan lebih efektif.

Bayangkan saja jika setiap ingin membersihkan karpet, vacuum cleaner yang kalian gunakan selalu berkendala, tentunya hal tersebut akan membuat pekerjaan kalian terganggu dan waktu pengerjaan pun akan semakin lama.

Yuk bagikan

tinggalkan komentar kamu


Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *