Prospek Karir Bagi Mahasiswa Jurnalistik

Bagi kalian mahasiswa jurnalistik, anggapan untuk menjadi wartawan setelah lulus pasti sering kalian jumpai. Hal itu memang bisa dikatakan benar, sebagai mahasiswa jurnalistik, kalian dipersiapkan untuk menjadi jurnalis atau wartawan yang terampil. Namun, ilmu-ilmu yang telah dipelajari di perkuliahan ternyata bisa juga digunakan untuk menempati posisi kerja berikut! Berikut ini prospek karir bagi mahasiswa jurnalistik.

1. Social Media Specialist

Social Media Specialist adalah pekerjaan yang banyak diincar saat ini, khususnya generasi millenial. Sebagai generasi yang sudah sangat familiar dengan internet, millenial saat ini sangat sulit untuk lepas dari media sosial. Dengan adanya peluang seperti ini maka terciptalah profesi ini.

Pekerjaan dari spesialis media sosial ini meliputi pengelolaan akun media sosial perusahaan termasuk melakukan pengecekan dan evaluasi rutin. Mahasiswa jurnalistik tentu saja sudah memiliki ilmu yang terkait dengan media sosial dan konten multi-platform. Oleh karena itu, pekerjaan ini sangat mungkin untuk kalian lakukan.

 

2. Content Writer

Mahasiswa jurnalistik sudah pasti memiliki kemampuan menulis yang lebih dibandingkan yang lain. Oleh karena itu, mereka sangat cocok untuk menjadi seorang content writer. Tugas content writer adalah membuat tulisan yang berkaitan dengan identitas dan branding suatu perusahaan.

Hampir setiap perusahaan membutuhkan jasa penulis konten ini, terlebih jika perusahaan tersebuty bergerak di bidang digital. Oleh karena itu, content writer menjadi salah satu pekerjaan yang banyak diicar.

 

3. Media Researcher and Analyst

Mahasiswa jurnalistik mempelajari tentang macam-macam dan perkembangan media. Mulai dari media cetak, elektronik, hingga media digital. Sehingga, sangat memungkinkan untuk mahasiswa jurnalistik bekerja sebagai media researcher and analyst.

Peneliti media ini bekerja di berbagai sektor industri media, sebut saja televisi, radio, dan digital. Tugas dari media researcher adalah merencanakan, mengatur, dan melaksanakan produksi program dan hasil lainnya dalam berbagai bentuk.

 

4. Floor Director

Floor director adalah pekerjaan yang khusus berada di media televisi. Tugas dari Floor director adalah sebagai perpanjangan tangan produser dan direktur dalam mengarahkan crew dan audiens di lapangan.

Untuk menjadi floor director yang ahli, kalian harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik, baik disini dalam artian jelas dan tepat. Selai itu kalian juga harus cekatan dan mampu berkoordinasi dengan baik. Karena sudah terbiasa dengan tuntutan deadline, Mahasiswa jurnalistik cocok menjadi floor director.

 

5. Creative Production

Tugas dari tim kreatif merupakan salah satu hal yang vital bagi sebuah pelaku media. Tugas yang mereka lakukan termasuk merancang, menyusun, dan menjalankan program acara dalam media. Ketika konsep acara menarik, program acara populer, media tempatnya bekerjapun sudah pasti akan semakin profit.

Mahasiswa jurnalistik dibekali oleh pengetahuan seputar perancangan program. Oleh karena itu, peluang menjadi tim kreatif media sangat terbuka bagi kalian mahasiswa jurnalistik.

 

Leave your thoughts

Siapa itu Lokerbali?

Lokerbali adalah platform yang memberikan informasi lengkap seputar tips karir dan lowongan kerja / loker di Bali ( Denpasar, Badung, Gianyar, Tabanan, Karangasem, Buleleng, Jembrana, Klungkung, Bangli ) terbaru dan update setiap harinya.

 

Lowongan kerja fulltime, part time, dan daily worker / DW terupdate di Bali