Etika Kerja yang Harus Dipahami Sejak Masih Duduk Dibangku SMA/SMK

Bagi kalian yang sedang menempuh pendidikan di bangku sekolah, atau kalian yang sedang kuliah. Setelah melalui proses itu, pasti ada saja dari kalian yang ingin langsung terjun ke dunia kerja. Namun sebelum “masuk ke medan perang” sebaiknya kalian “mengenal medannya” terlebih dahulu.

Dunia kerja tidak seperti ketika masa masa di sekolah. Toleransi terhadap kesalahan lebih rendah, jadi dunia kerja sangat menuntut kalian untuk bersikap profesional. jika tidak memenuhi eksektasi ya siap siap saja untuk keluar dari perusahaan.

Selain kemampuan, ada satu hal lagi yang harus kalian miliki sebelum memasuki dunia kerja. Hal yang dimaksud adalah etika kerja. Lalu etika apa saja yang dibutuhkan dalam dunia kerja? Simak ulasan berikut ini

 

1.Bertanggung Jawab

Etika pertama yang harus kalian miliki adalah rasa tanggung jawab. Tanggung jawab disini berarti kalian memiliki rasa tanggung jawab atas segala pekerjaan yang menjadi tugas kalian. Contoh orang yang bertanggung jawab adalah mereka yang tidak membuat alasan ketika pekerjaan yang mereka buat tidak sesuai dengan harapan.

Selain itu orang yang bertanggung jawab berani untuk mengakui kesalahannya. Selain itu tanggung jawab seseorang bisa menjadi tolak ukur seberapa profesional mereka.

 

2. Tepat Waktu

Masih seputar tanggung jawab, etika kedua yang harus dimiliki adalah tepat waktu. Tepat waktu disini bukan hanya masalah datang ke kantor sesuai peraturan saja, namun bagaimana kemampuan kalian menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan. Ketepatan waktu sangat diperlukan, jika kalia tidak bisa tepat waktu maka akan mengganggu workflow yang ada.

Ketepatan waktu seseorang bisa menjadi salah satu ukuran profesionalitas. Karena orang yang tepat waktu pasti merupakan orang yang bertanggung jawab. maka dari itu untuk menjadi seseorang yang profesional, alian harus bisa tepat waktu.

 

3. Determinasi yang tinggi

Dengan memiliki determinasi yang tinggi, masalah tidak akan membuat kalian berhenti mengerjakan tugas yang sudah menjadi bagian dari tanggun jawab kalian. Ketika nantinya kalian sudah masuk didalam dunia kerja, kalian akan dihadapkan oleh berbagai macam masalah. Sebut saja client yang banyak menuntut, pendapatan kalian yang tidak sesuai, dan lainnya.

Orang yang memiliki determinasi tinggi tidak akan mudah menyerah dengan masalah yang sedang dihadapi. Sebagai seorang profesional, determinasi tinggi akan membuat kalian mampu menyelesaikan tanggung jawabmu sebaik mungkin dengan waktu yang tepat.

 

4. Kerjasama

Dalam dunia kerja, sangat sulit untuk menyelesaikan pekerjaan jika kalian seorang individualis. Dalam pekerjaan sangat diperlukan komunikasi dan koordinasi yang baik, sehingga pekerjaan bisa selesai dengan baik. Kemampuan dalam hal bekerjasama sangat diperlukan, jangan sampai kalian hanya bisa memerintah saja, atau sebaliknya hanya menjadi “Yes-man” saja padahal pekerjaan yang diberikan bukan merupakan bagian dari tanggung jawabmu.

 

5. Rendah Hati 

Rendah hati menjadi etika paling dasar yang sudah diajarkan oleh orang tua kalian. Etika ini tidak hanya dibutuhkan ketika kalian bersosial di lingkungan tempat tinggal saja, bahkan ditempat kerja pun kalian perlu menerapkannya.  Menjadi pribadi yang memiliki kerendahan hati akan membuat kalian disenangi dan disegani oleh rekan kerja kalian. Sehingga tidak hanya dipandang profesional saja kalian juga akan dipandang sebagai orang baik.

Menjadi orang yang memiliki reputasi baik akan sangan memudahkan kalian di dunia kerja. Kalian akan lebih mudah untuk bekerjasama dengan rekan kerja kalian, kalian akan lebih mudah melakukan networking, karena client kalian yang sudah percaya dengan kalian, dan masih banyak manfaat lainnya. jadi jangan lupa untuk rendah hati ya.

 

Skill memang diperlukan untuk bisa menyelesaikan pekerjaan, namun apa artinya skill jika kalian tidak memiliki attitude yang baik? Tidak dipungkiri, etika dan sikap kerja yang baik adalah hal tersulit untuk ditemukan di pencari kerja. Oleh sebab itu kalian jangan sampai melupakan etika dasar agar kedepannya kalian bisa lebih mudah beradaptasi dalam lingkungan kerja.

Leave your thoughts

Siapa itu Lokerbali?

Lokerbali adalah platform yang memberikan informasi lengkap seputar tips karir dan lowongan kerja / loker di Bali ( Denpasar, Badung, Gianyar, Tabanan, Karangasem, Buleleng, Jembrana, Klungkung, Bangli ) terbaru dan update setiap harinya.

 

Lowongan kerja fulltime, part time, dan daily worker / DW terupdate di Bali