3 Tips Praktis Kirim Lamaran via Email

Email merupakan salah satu media yang paling digunakan oleh perusahaan untuk menerima CV dan surat lamaran dari pelamar kerja selain menggunakan whatsapp atau datang membawa berkas lamarannya ke alamat perusahaan langsung.
Mungkin banyak dari semeton yang menganggap remeh ketika mengirimkan email ke perusahaan atau bahkan saat ngirim lamaran cenderung asal-asalan tanpa memperhatikan hal-hal berikut ini:

1. Akun Email
mungkin dulu pas jaman-jamannya alay menyebar semeton membuat akun email dengan asal-asalan atau cenderung alay seperti:

made_punkrock991@gmail.com
Luhtu.ndutzz@yahoo.com
nyoman_screamo_sejati@gmail.com
k0m4ng_ganteng@gmail.com

atau sejenisnya, ada yang merasa? kalau kamu masih ada akun email seperti itu, blimin ngidih tulung untuk tidak menggunakan akun email itu untuk melamar pekerjaan. Kenapa? karena akun email tersebut sangatlah tidak profesional. ganti atau buat baru akun email kamu dengan yang lebih profesional seperti contoh:

agus_hendra91@gmail.com
alex_immanuel95@gmail.com

nah yang jadi pertanyaan semeton mungkin seperti ini “blimin, kalau akun emailnya sudah ada yang pakai bagaimana?”
ya semeton tinggal cari lagi atau dengan menambahkan bulan lahir, contoh:

agus_hendra0891@gmail.com

kamu ngga bisa atau bingung cara bikin email? cek disini

2. Perhatikan Hari dan Jam kirim email
mungkin kebanyakan pelamar kerja atau kamu salah satunya yang belum tau hari dan jam yang tepat untuk mengirim email lamaran kerja. Ada yang Kirim malam hari atau ada yang kirim hari sabtu atau minggu atau hari libur.
blimin kasi saran untuk kamu mengirimkan email di jam dan hari kerja senin – jumat di jam 9 pagi hingga 4 sore agar lebih efektif.

Mungkin ada beberapa semeton yang menganggap kalau sah-sah aja ngirim email diluar hari dan jam itu karena HRD pasti akan baca email yang kamu kirim, ya bener sih cuma terkadang ada beberapa tipe HRD yang melihat etikamu dalam mengirim email, termasuk mengirim email di jam dan hari kerja.

3. Jenis dan File pendukung dokument
Cukup banyak dari semeton yang mengirim lamaran dengan format gambar seperti *.jpg atau dikompres dengan format menggunakan *.zip atau *.rar. Memang dengan tipe / format file tersebut praktis. Blimin tidak merekomendasikan jenis 3 file tersebut untuk dikirim Kenapa? karena dibeberapa email perusahaan 3 jenis file tersebut otomatis diblok dari sistem sehingga bisa jadi email lamaran kamu tidak diterima / terdeteksi oleh HRD kan pocol jadinya ngirim email ya apalagi semeton ngirim email ke banyak perusahaan dan ngga berhasil ngirim lamarannya karena tipe file tersebut di blok. Saran blimin coba semeton jadikan file dokumen semeton terutama CV dan dokumen pendukung seperti ijazah, Surat Keterangan Lulus, SKCK, KTP, SIM, Kartu Keluarga ke dalam format *.pdf agar lebih mudah dan fleksibel.

semeton ngga tau cara buat CV dan dokumen ke format PDF? cek disini

nah itu tadi tips singkat untuk semeton yang ada rencana untuk mengirimkan surat lamaran melalui email.
tips ini memang sederhana tapi wajib semeton perhatikan dengan cermat ya.

semoga semeton segera diterima kerja ya

Lamar Kerja

Tinggalkan Balasan