Simak Perbedaan Antara Sales dan Marketing

Tidak hanya dari pencari kerja, kadang kadang ada perusahaan yang mencampur fungsi pekerjaan antara sales dan marketing, sehingga tidak jarang, divisi sales dan marketing mengalami miskonsepsi dan dianggap memiliki fungsi dan tugas kerja yang sama.

Meskipun sama-sama merupakan bagian dari perusahaan  yang dibentuk untuk mencapai target revenue, sales dan marketing memiliki fokus yang sangat berbeda. jadi apa saja perbedaanya? berikut merupakan perbedaan antara sales dan marketing :

Arti

Perbedaan pertama dimulai dengan definisi dari sales dan marketing.

Sales adalah bagian dari suatu perusahaan yang memiliki tugas yaitu menjual dan memastikan produk dan jasa terjual dengan harga yang sesuai perencanaan perusahaan dan juga dapat diterima oleh konsumen. sedangkan, marketing adalah kegiatan penerapan sebuah strategi yang dijalankan dengan sistem.

dari sini saja sudah mulai terlihat perbedaan sales dan marketing

 

Fungsi kerja

Perbedaan selanjutnya dapat dilihat dari prioritas dan fungsi kerja.

Jika membahas prioritas kerja, perbedaan sales dan marketing ada pada target kegiatannya. Prioritas tim marketing adalah menjangkau customer, dan membangun relasi yang baik dengan para customer sehingga dapat menjadi pelanggan yang loyal.

Semakin banyak jumlah pelanggan tetap, semakin besar juga benefit atau keuntungan yang bisa didapat. Namun, pelanggan tetap ini akan ada jika service dan respon dari tim sales juga mendukung kualitas produk dan customer yang telah dijangkau. Fungsi dari divisi sales adalah mengakomodasi  sambil membantu memenuhi kebutuhan konsumen dengan produk yang ditawarkan.

Dengan adanya perbedaan sales dan marketing dalam fungsi dan prioritas ini justru kemudian akan membuat kedua divisi ini saling bersinergi.

 

Target dan Aktivitas kerja

Target juga menjadi salah satu faktor pembeda antara sales dan marketing.

Contohnya dalam sebuah usaha, tim sales yang akan menghubungi langsung para calon klien sampai mendapatkan kesepakatan kerja, sedangkan tim marketing sebelumnya harus memastikan terlebih dulu produk atau jasa yang akan ditawarkan sudah terjamin kualitasnya sehingga bisa ditawarkan oleh tim sales.

Perbedaan sales dan marketing ini menuntut tipe pekerja yang berbeda, dengan aktivitas marketing yang sebagian besar ada di belakang layar maka bagi kalian yang senang menganalisis cukup punya kesempatan di bidang ini.

Sedangkan bagi kalian yang senang berurusan langsung dengan customer dan tidak takut untuk berbasa basi setiap saat dengan (calon) klien atau customer, maka masuk kedalam tim sales akan semakin mengasah potensi yang kalian miliki.

 

Proses kerja

Perbedaan sales dan marketing yang berikutnya dapat dilihat dari proses kerjanya.

Tim sales akan menghadapi langsung atau face to face dengan konsumennya. Sales bisa saja langsung mendatangi lokasi calon konsumen atau pembeli, menghubungi dengan telepon, dan juga bisa bertemu di sebuah kegiatan ataupun acara.

Agar tim sales dapat melakukan penjualan, ada tim marketing yang melakukan kegiatan analisis pasar, termasuk mengidentifikasi kebutuhan para konsumen. Tim marketing menyiapkan strategi dan konsep yang akan membuat customer mencari cari barang dan produk yang telah dipersiapkan. Setelah itu tim sales akan bertugas untuk melayani para calon customer, agar produk yang disiapkan dapat laku terjual.

Dalam perancangan strateginya, tim marketing perlu memikirkan kembali produk yang sudah pernah laku di pasaran, cara promosi, maupun kelebihan yang ada pada produk sebelumnya.

 

Lingkup pekerjaan

Hal terakhir yang bisa menggambarkan perbedaan sales dan marketing adalah dalam hal lingkup kerjanya.

Pekerjaan tim sales cenderung bersifat short term sedangkan tim marketing lebih cenderung bersifat long-term karena harus menjaga hubungan dan  relasi  dengan para partner bisnis dan vendor yang berkaitan dengan pemasaran produk.

Lingkup pekerjaan marketing termasuk , Public Relations, Customer Satisfaction, dan Market Research

Sedangkan ruang lingkup pekerjaan tim sales adalah meyakinkan (calon) customer untuk dapat membeli produk yang kalian tawarkan.

 

Jadi begitulah perbedaan dari kedua divisi tersebut, baik dalam hal tugas, target, dan juga alur kerjanya. Semoga kedepannya dapat bermanfaat bagi kalian yang sedang mencari kerja, khususnya bagi kalian yang masih bingung antara sales dan marketing. Semangat!

Berita

Tinggalkan Balasan