Serba-Serbi Profesi Masa Kini, Social Media Specialist

Profesi Social Media Specialist bagi sebagian orang sudah tidak asing lagi di era digital seperti sekarang. Hampir seluruh perusahaan saat ini, pasti membutuhkan orang-orang yang bertugas untuk mengatur media sosial perusahaan tersebut.

Lalu, apa itu profesi Social Media Specialist itu? Berikut ulasannya

 

Apa itu Social Media Specialist?

Social Media Specialist adalah sebuah profesi di mana seseorang atau tim bertugas untuk mengendalikan dan mengatur seluruh isi media sosial dari perusahaan. Pada akhirnya, media sosial perusahaan dapat dikelola dan berdampak baik bagi perusahaan.

 

Jobdesc Media Social Specialist

Meski bertugas untuk mengatur media sosial, bukan berarti Social Media Specialist hanya bekerja untuk mengunggah foto saja. Berikut ini jobdesc seorang Social Media Specialist:

  • Mengembangkan content plan dalam media sosial yang sesuai dan konsisten dengan identitas brand dari perusahaan.
  • Menciptakan konten yang memiliki nilai positif dan konsisten di semua platform media sosial.
  • Mengelola unggahan media sosial dengan volume tinggi.
  • Berkomunikasi dengan para pengikut yang ada di media sosial.
  • Mengembangkan dan mengatur program dengan para influencer dan juga datang ke event‚Äìevent yang bekerja sama dan berkaitan dengan perusahaan.
  • Menggunakan tools analytics seperti Google Analytics, Hootsuite Pro, dan Facebook Insights.
  • Mempersiapkan laporan perkembangan media sosial dari brand atau perusahaan yang berkaitan.
  • Memberikan rekomendasi dan saran untuk strategi social media marketing.
  • Selalu update dengan perkembangan tren media sosial.
  • Memberikan arahan kepada tim desain atas visual konten yang sudah direncanakan.

 

Kriteria dari Seorang Social Media Specialist

Social Media Specialist harus mengikuti tren dan mampu menggunakan tools atau fitur yang ada di media sosial dengan sangat baik.

Selain itu, terdapat beberapa kemampuan lain yang harus kamu miliki jika ingin menekuni profesi ini. Misalnya, menulis, SEO, desain visual, komunikasi, dan manajemen waktu. Kemampuan-kemampuan ini berguna untuk mengembangkan media sosial menjadi lebih baik dan mendapatkan insight yang lebih besar.

 

Jenjang karier

Untuk profesi ini, jenjang karier yang ditawarkan adalah Social Media Marketing, Content Producer, SEO Specialist, Digital Marketing Specialist, Digital Marketing Manager, dan Social Media Manager.


Berita, Tips

Tinggalkan Balasan