image

Prospek Kerja Buat Kamu Yang Mengambil Kuliah Desain Produk

Jika dibandingkan dengan jurusan lain, jurusan ini kalah tenarnya. Tetapi jangan salah, lulusannya sangat diminati pada industri modern saat ini.

Prospek kerja lulusan desain produk umumnya ada di bidang kreatif atau di sebuah perusahaan teknologi. Namun, apa peran mereka di industri tersebut? Apakah ada pilihan karier lain selain industri kreatif dan teknologi?

Berikut 5 prospek kerja yang bisa dijajal oleh lulusan desain produk:

1. Art director

Art director bertanggung jawab atas gaya visual pada sebuah majalah, surat kabar, kemasan produk, bahkan produksi film serta televisi.

Mereka menciptakan konsep dari desain keseluruhan proyek dan mengarahkan stafnya untuk mengembangkan konsep menjadi sebuah karya seni.

2. Set Designer

Desainer set menggunakan kreativitas mereka untuk membuat set yang digunakan pada film, program TV, atau pentas seni teater.

Set designer juga bertanggung jawab untuk mengurus perlengkapan pada tiap acara sesuai dengan keinginan atasan mereka.

Maka dari itu mereka akan sering berdiskusi dengan para sutradara, produser, dan perancang kostum untuk memastikan bahwa desain dan ide-ide mereka selaras dengan keperluan program.

3. Industrial Designer

Desainer industri atau desainer produk, menggunakan keterampilan teknik, artistik, dan digital mereka untuk menciptakan konsep perancangan pada sebuah produk berdasarkan permintaan klien.

Rancangan konsep produk harus praktis, aman, ramah pengguna, dan mengandung unsur estetika.

Sebagai industrial designer, kamu harus mampu untuk mengerjakan segala jenis produk dengan latar belakang perusahaan dan konsumen yang berbeda.

4. Industrial Design Researcher

Berbeda dengan industrial designer, profesi ini lebih berfokus untuk meneliti kebutuhan dan keinginan konsumen perusahaan.

Hasil penelitian akan digunakan sebagai dasar untuk merencanakan konsep dan perancangan untuk produk mendatang.

5. Interior Designer

Profesi berfokus untuk menciptakan konsep pada sebuah ruang agar dapat digunakan sebagai tempat tinggal atau bekerja.

Konsep desain harus mengandung komponen estetika, fungsional, dan aman bagi penghuninya.

Agar tujuan tersebut tercapai, interior designer harus mengaplikasikan pengetahuan desain dan keterampilan digital mereka pada segala permintaan klien.

Sebuah keunggulan dari mempelajari segala materi dan proyek pada jurusan produk desain.

Yuk bagikan

tinggalkan komentar kamu


Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sedang Upload