image

Personal Branding Melalui Sosial Media Itu Penting! Jangan Lakukan Hal-Hal Ini Di Sosmed

Pernahkah kamu mendengar istilah jejak digital? Tahukah kamu, media sosial bisa menjadi penyebab ditolaknya lamaran kerja? Faktanya, banyak perusahaan yang justru menilai kepribadian kandidat mereka melalui media sosial dan hal ini berkaitan erat dengan personal branding.

Jangan melakukan hal ini di media sosial atau kemungkinan kesempatanmu untuk bekerja semakin tipis.

1. Unggahan pribadi yang tidak pantas

Jangan sampai reputasimu di hadapan perekrut hancur hanya karena unggahanmu yang dianggap tidak sopan atau pantas, contohnya unggahan yang terlalu vulgar atau yang menampilkan rokok, alkohol, atau narkoba. Jika memungkinkan, hindari mengunggah yang seperti itu.

2. Postingan bermuatan SARA

Jangan sekali-kali mengunggah postingan bermuatan sensitif terutama yang menyangkut SARA. Pihak perekrut akan langsung mencoretmu dari daftar kandidat potensial jika sampai ditemukan unggahan seperti itu karena mereka akan menganggap kamu sebagai pribadi yang intoleran dan tidak bisa menghargai perbedaan.

3. Memposting hal yang berbau politik

Postingan di medsos yang berbau politik meskipun isinya mengkritisi kebijakan negara bisa membuat kamu sulit mendapat pekerjaan, kenapa? Perekrut yang melihat unggahan seperti itu akan langsung memberikan kesan buruk padamu, terlebih jika perekrut itu memiliki pandangan politik yang berbeda denganmu.

4. Postingan Kesusahan dan yang berbau “galau”

Perekrut biasanya akan melihat semangat para kandidat dari unggahan berupa status di media sosial. Jika kamu masih sering mengunggah status bernada galau dan keluh kesah, maka perekrut akan menganggapmu sebagai pribadi yang kurang tangguh dan tidak siap terjun kedalam dunia kerja.

5. Sering meng-upload foto selfie

Sebenarnya sah-sah saja berselfie, tetapi jangan terlalu sering memposting di media sosial karena perekrut akan menganggap kandidat yang suka posting foto selfie di media sosial cenderung dianggap sebagai pribadi yang sombong dan tidak mau bekerja dalam tim.

6. Nama akun yang alay

Jika nama akunmu masih alay, mulai dari sekarang, segeralah ganti nama akun media sosialmu karena perekrut akan melihat karakteristik pribadi kandidat melalui nama akun media sosialnya. Perekrut tidak akan merekomendasikan kandidat yang memiliki nama akun media sosial ‘alay’ sebagai karyawan baru karena kandidat seperti itu dianggap sebagai pribadi yang tidak profesional dan terkesan main-main.

Yuk bagikan

tinggalkan komentar kamu


Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *