Perbedaan Antara Content Writer Dan Copywriter

Saat ini penulis dianggap sebagai profesi yang menjanjikan. Ada banyak jenis penulis, misalnya copy writer dan content writer. Kedua profesi ini sekarang banyak dicari perusahaan-perusahaan besar. Ini menjadi peluang bagi kamu yang punya kemampuan menulis. Memang sekilas terlihat sama namun ada beberapa perbedaan antara content writer dan copywriter.

Lalu apa perbedaan antara content writer dan copywriter?

 

Apa itu Copywriter dan Content Writer?

a. Copywriter
Copywriter adalah orang-orang yang menulis artikel atau konten untuk kebutuhan komersil. Komersil di sini bisa untuk mengiklankan sebuah produk atau jasa. Selain itu, kebutuhan komersil lainnya bisa untuk branding. Sederhananya menulis untuk materi marketing dan iklan.

Iklan-iklan yang sering kita lihat di televisi adalah hasil dari seorang copywriter karena merekalah yang bertugas membuat naskah iklan itu. Bahkan, slogan pada perusahaan atau iklan komersil juga dibuat oleh mereka.

 

b. Content writer
Content writer adalah orang-orang yang bekerja menulis konten untuk sebuah website perusahaan atau klien. Mereka bertugas membuat konten yang relevan dan juga membuat agar website bisa muncul dengan mudah di mesin pencari.

Seorang content writer lebih fokus kepada bagaimana sebuah produk mudah dicari di search engine.

 

Jobdesc dari Content Writer dan Copywriter?

a. Jobdesc content writer
Tugas utama dari content writer adalah meng-update atau menulis artikel di website secara rutin agar website bisa mudah ditemukan di mesin pencari seperti Google.

Tugas lainnya adalah mengelola konten-konten di media sosial perusahaan. Biasanya, seorang content writer juga bekerja sama dengan bagian desain grafis untuk urusan ini.

Seorang content writer juga harus mampu melakukan riset terhadap apa saja yang sedang tren. Dari hasil riset tadi, akan dituangkan ke dalam konten-konten yang nantinya di-upload ke website perusahaan.

 

b. Tugas seorang copy writer
Copywriter bertugas membuat naskah persuasif yang efektif agar masyarakat tertarik dengan produk atau jasa yang ditawarkan oleh sebuah perusahaan. Nantinya karya ini akan digunakan di media digital, media masa, dll. Seorang copywriter harus kreatif dan memiliki pengetahuan yang luas.

 

Jenjang Karier Copywriter dan Content writer

Secara umum, prospek karier kedua profesi ini tergolong sangat cerah. Selama orang masih menciptakan produk, maka selama itulah seorang copywriter serta content writer diperlukan.

Seorang copywriter pemula biasanya akan ditempatkan di tim kreatif yang menjadi bagian dari marketing. Jika copywriter bekerja di creative agency atau advertising, tentu menjadi bagian dari tim kreatif iklan. Jika performa meningkat maka tidak menutup kemungkinan seorang copywriter bisa menjadi art director.

Sedangkan untuk content writer, profesi ini bisa menghasilkan uang yang banyak. Pada sebuah perusahaan, seorang content writer biasa ditempatkan menjadi bagian dari tim marketing atau editorial. Seorang content writer bisa menjajaki karier menjadi senior content writer bahkan sampai ke senior manager di divisi marketing. Tak hanya itu, ia juga bisa menjejaki karier sebagai editor.


Berita

Tinggalkan Balasan