image

Pentingnya Memahami Kontrak Kerja Sebelum Menandatanganinya

Salah satu hal yang paling penting untuk dicermati ketika akan diterima kerja adalah mengenai kontrak kerja. Cukup banyak orang yang menganggap hal ini tidaklah begitu penting, di mana mereka justru mengabaikan dan bahkan tidak membaca secara detail semua isi kontrak yang akan mereka tandatangani.

Hal ini tentu sangat berpotensi untuk menimbulkan masalah di masa yang akan datang. Simak beberapa kerugian yang mungkin saja akan kita terima jika kita tidak mencermati dan memahami isi kontrak kerja dengan sangat baik:

Penerapan sistem cuti dan juga pemotongan gaji yang tidak sesuai.

Yang terakhir adalah bagaimana perusahaan menerapkan sistem cuti dan pemotongan gaji. Sebagai staff yang baik, kalian harus disiplin, namun terkadang ada saja waktu dimana kalian akan menerima hukuman yang mengakibatkan pemotongan gaji. Jadi alangkah baiknya kalian mengetahui skema sistem cuti perusahaan maupun pemotongan gaji, sehingga kalian mengetahui batasan-batasan yang ada di dalam perusahaan kalian bekerja.

Nominal gaji yang diterima tidak sesuai

Selanjutnya kerugian yang kita mungkin dapatkan adalah nominal gaji yang tidak sesuai. Penting bagi klian untuk mencermati kontrak, khususnya dalam hal nominal gaji. Hal hal yang bisa di cermati seperti nominal, tunjangan, bonus, dll. Gak mau dong kerja kalian hanya digaji sedikit? jadi perlu make it clear diawal.

Jobdesk yang tidak sesuai dengan ekspektasi

Terkadang karena tidak membaca secara teliti, kamu merasa jadi harus bekerja lebih. Padahal semua yang berhubungan dengan jobdesk mu dapat dibicarakan ketika tanda tangan kontrak. Jadi ada baiknya kamu mengetahui apa yang menjadi tanggung jawab mu terlebih dahulu, sehingga nantinya kamu akan menjadi lebih tenang dan tidak pusing lagi mengenai apa yang harus kamu kerjakan.

Jam kerja yang tidak sesuai dengan gaji yang diterima

Selain gaji, kalian juga harus cermat mengenai jam kerja. Ketika nanti sudah mulai bergabung di perusahaan, mungkin saja kalian akan bekerja lembur. Nah, lembur ini apakah nantinya akan di bayar atau tidak, kalian harus mengetahui nya terlebih dahulu. Jangan sampai sudah capek-capek kerja, kalian malah tidak mendapatkan apa-apa.

Yuk bagikan

tinggalkan komentar kamu


Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *