image

Mengapa Pengalaman Kerja Bisa Jadi Nilai Tambah Bagi Seorang Pelamar?

Beberapa lowongan pekerjaan terkadang memberikan syarat khusus kepada pelamar untuk harus mempunyai pengalaman kerja. Tidak bisa dipungkiri jika pengalaman kerja seorang pelamar akan bisa jadi nilai tambah saat proses seleksi penerimaan karyawan baru di suatu perusahaan.

Berikut ini alasan mengapa pengalaman kerja bisa dikatakan nilai tambah bagi seorang pelamar.

1. Sudah ada gambaran tentang pekerjaannya

Pada kenyataannya seseorang yang sudah mempunyai pengalaman kerja akan lebih paham mengenai seluk beluk dunia kerja dibanding fresh graduarte. Mereka sudah terbiasa dengan pekerjaan yang mereka geluti sebelumnya.

Dengan pengetahuan serta gambaran akan pekerjaan yang akan di bebankan kepadanya kelak, menjadikan orang yang sudah mempunyai pengalaman kerja akan dipandang mampu dan mempunyai nilai tambah di mata HR.

2. Hard skill yang sudah terasah

Hard skill sendiri bisa di dapat di bangku sekolah ataupun kuliah yang bisa dikembangkan kemudian. Seseorang yang sudah mempunyai pengalaman kerja biasanya mempunyai hard skill yang sudah terasah.

Itulah mengapa seseorang yang sudah mempunyai pengalaman kerja akan mempunyai nilai lebih saat interview.

3. Punya pengetahuan dan pengalaman yang bisa di terapkan di kantor baru

HR biasanya lebih mempertimbangkan mereka yang sudah mempunyai pengalaman kerja dikarenakan mereka lebih memiliki pengetahuan dan pengalaman yang sesuai dengan bidangnya sehingga bisa diterapkan di perusahaan mereka.

Dengan maksud pengetahuan dan pengalaman kerja calon karyawan tersebut dapat menjadi ide-ide baru yang sedikit banyak dapat memberikan kontribusi ke arah yang lebih baik.

4. Mempunyai soft skill

Soft skill ini biasanya di dapat dengan seringnya seseorang berinteraksi dengan banyak orang. Ketika seseorang sudah mempunyai pengalaman kerja biasanya sudah terbiasa dengan hal-hal yang berhubungan dengan orang banyak. Misalnya bertemu rekan kerja, tamu perusahaan, mengemukakan pendapat dalam meeting dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dengan adanya soft skill yang dimiliki oleh seorang yang berpengalaman akan menjadi nilai lebih di mata HR pada proses seleksi karyawan baru seperti interview.

5. Terbiasa menghadapi lingkungan dan karakter orang yang beragam

Orang yang mempunyai pengelaman kerja pada umumnya sudah terbiasa menghadapi lingkungan pekerjaannya dengan berbagai karakter rekan kerja yang beragam. Hal ini biasanya menjadi pertimbangan tersendiri dan dapat menjadi nilai tambah baginya ketika menghadapi interview untuk pekerjaan baru mereka.

6. Mempunyai pengalaman pemecahan masalah

Tidak bisa dipungkiri jika seseorang yang sudah mempunyai pengalaman kerja di bidang tertentu biasanya sudah terbiasa dengan pekerjaan serta beberapa masalah yang timbul di dalamnya.

Dengan jam terbang yang lebih dalam bekerja mereka akan tau tips dan trik mengatasi masalah yang timbul di bidang pekerjaannya, itulah sebab seseorang yang mempunyai pengalaman mempunyai nilai tambah pada saat interview.

Yuk bagikan

tinggalkan komentar kamu


Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *