image

Kirim CV Ke Berbagai Perusahaan Tapi Belum Juga Dipanggil? Ini Dia Alasannya

Mungkin saat ini kalian sudah menghabiskan banyak waktu untuk mengirim CV dan surat lamaran kerja ke keberbagai macam perusahaan. Namun, setelah mengirim banyaknya lamaran pekerjaan, rekruter tidak juga merespon lamaran?

Berikut ini berbagai alasan rekruter tidak merespon lamaranmu:

Tidak Melamar Pada Posisi yang Sesuai

Tidak banyak dari pelamar kerja yang melamar sesuai dengan posisis yang dibuka. Kebanyakan dari mereka melamar dengan posisi yang tidak sesuai dengan kriteria mereka.

Oleh karena itu, lamaran yang diterima oleh rekruter yang tidak sesuai tentunya akan langsung diabaikan dan tidak akan dihubungi oleh rekruter.

Tidak Memenuhi Kualifikasi

Coba lihat lagi, apakah kalian telah melamar pekerjaan yang sesuai dengan kualifikasi mu? Sebagai contoh, kamu adalah seorang yang memiliki riwayat pendidikan tamatan SMA/SMK sederajat, sedangkan kualifikasi yang dibutuhkan adalah S1 (sarjana).

Tentu saja rekruter akan mengabaikan CV dan lamaranmu. Dan pastinya mereka akan mencari kandidat yang lebih sesuai dengan kualifikasi.

Tidak Tepat Waktu

Kalian juga harus memperhatikan kapan waktu yang tepat untuk melamar pekerjaan di perusahaan. Untuk itu, pastikan terlebih dahulu iklan lowongan kerja supaya kalian mengetahui batas waktu iklan lowongan tersebut berlaku.

Banyak rekruter yang mengiklankan lowongan pekerjaan dengan batasan waktu yang singkat untuk mendapatkan kandidat yang ideal sesuai dengan posisi yang dibutuhkan. Ketika kalian melamar pekerjaan tersebut dan ternyata lamaran kalian melebihi batas yang telah diberikan HRD, tentu saja lamaranmu akan diabaikan oleh rekruter.

CV Kamu Tidak Memakai Kata Kunci

Ketika kalian ingin mencari pekerjaan baru, coba perhatikan lagi CVmu. Apakah CV yang kalian buat memiliki kata kunci? Karena CV yang memiliki kata kunci akan menonjol sehingga besar kemungkinan akan dibaca dan diminati oleh rekruter.

Selain itu, ketika kalian melamar kerja melalui internet biasanya rekruter akan menggunakan sistem pelacak lamaran yang memudahkan rekruter untuk memfilter kandidat-kandidat yang sesuai dengan kata kunci yang ingin mereka cari. Dan karena itu, bisa saja CV dan lamaran kalian terlewat sehingga tidak dihubungi rekruter. Maka dari itu, ketika menulis CV, gunakan kata kunci di pengalaman kerja dan keahlian yang kalian miliki.

Yuk bagikan

tinggalkan komentar kamu


Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sedang Upload