image

Keuntungan Jika Kamu Mengikuti Keorganisasian Ketika Duduk Dibangku Kuliah

Salah satu kemampuan yang penting dimiliki oleh setiap orang adalah kemampuan berorganisasi. Buat kamu yang masih duduk di bangku kuliah, alangkah baiknya jika kamu menghabiskan waktu luang dengan berorganisasi. Ada beberapa dampak positif yang akan didapat jika kamu melakukan hal tersebut.

Apa saja itu? Berikut ini dampak positifnya.

1. Melatih kemampuan problem solving

Dalam dunia kerja, seseorang yang memiliki kemampuan problem solving yang cukup mumpuni akan sangat diperhitungkan. Hal itu karena setiap perusahaan pasti memiliki kendalanya masing-masing baik itu dari internal maupun eksternal.

Untuk melatih kemampuan tersebut, cobalah untuk gabung organisasi. Di dalam organisasi kamu juga akan dihadapkan dengan masalah-masalah yang harus diselesaikan. Semakin banyak masalah yang kamu hadapi, maka akan semakin mumpuni pula kemampuanmu dalam memecahkan masalah.

2. Mudah menambah relasi

Salah satu dampak positif jika mau menyibukkan diri dengan berorganisasi adalah kamu akan mendapatkan relasi. Relasi ini sangat berguna bagi keberlangsungan hidup di masa depan maupun saat ini.

Meskipun memiliki kemampuan yang cukup mumpuni, kamu pasti akan susah merealisasikan mimpi jika tidak ada relasi. Cobalah untuk berpikir secara realistis sejenak demi masa depan agar tidak ada penyesalan di kemudian hari.

3. Melatih kemampuan public speaking

Kemampuan public speaking atau berbicara di depan umum sangatlah diperlukan dalam dunia kerja. Namun tidak semua orang dapat berbicara di hadapan orang banyak dengan baik. Jika kamu adalah salah satunya, maka mulai sekarang mulailah untuk berlatih.

Salah satu cara agar kemampuan tersebut bisa diasah secara maksimal adalah dengan ikut organisasi. Dalam kehidupan berorganisasi, kamu akan ditempa sehingga menjadi pribadi berkualitas yang memiliki nalar kritis serta kemampuan berbicara di depan umum.

4. Membiasakan diri untuk bisa bekerja di bawah tekanan

Untuk merealisasikan mimpi, seseorang dituntut untuk bisa berjuang secara maksimal dengan mengorbankan perasaan maupun materi. Memiliki kemampuan bisa bekerja di bawah tekanan merupakan sesuatu yang wajib dilatih. Ingatlah bahwa hidup ini sangatlah kejam untuk orang-orang yang tak mau berjuang.

Mumpung masih duduk di bangku perkuliahan, cobalah untuk join organisasi agar kamu dapat melatih kekuatan hati. Ingatlah bahwa penyesalan akan selalu datang di akhir. Oleh karena itu jangan pernah sia-siakan masa muda hanya untuk kebahagiaan sesaat.

5. Melatih kemampuan untuk menjadi seorang leader

Setiap orang pasti memiliki impian untuk bisa jadi bos. Namun menjadi bos bukanlah perkara yang cukup mudah. Hal itu memerlukan kemampuan mengatur orang banyak agar lebih terorganisir. Untuk melatih kemampuan tersebut, kamu bisa melatihnya dengan ikut berbagai macam organisasi.

Dengan adanya hal tersebut, percayalah bahwa kamu pasti akan mendapatkan pengalaman agar bisa mengatur orang dengan baik. Cobalah untuk keluar dari zona nyaman dengan cara ikut organisasi.

Yuk bagikan

tinggalkan komentar kamu


Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sedang Upload