Kesalahan yang Sering Dilakukan Millennial Sehingga Terkesan Tidak Profesional Di Kantor

Anggapan millennial sebagai salah satu generasi yang mudah beradaptasi dan cepat akrab dengan tren terbaru sudah menjadi hal yang menempel di mereka. Kecepatan adaptasi ini dapat membuat mereka menjadi seorang yang cenderung independen atau bahkan menjadi sosok pekerja keras.

Namun, tak jarang juga mereka melakukan beberapa kesalahan yang sering dianggap sebagai tindakan yang kurang profesional. Berikut adalah beberapa contoh kesalahan yang sering dilakukan millennial di kantor.

 

1. Sering kurang fokus ketika bekerja

Fokus dalam pekerjaan tentu saja akan membuat kita lebih cepat menyelesaikan tugas-tugas yang diberi. Namun memang tidak bisa dipungkiri, banyak millennial yang pikirannya mudah teralihkan oleh hal-hal yang tidak begitu penting. Sebut saja, ketika kalian sering mengecek HP hanya untuk melihat Instastory temanmu, atau mungkin melihat toko online. Alhasil, pekerjaan yang sudah diberikan akan menjadi lambat untuk diselesaikan.

 

2. Terlalu percaya diri

Kepercayaan diri tentu saja menjadi hal yang akan membantumu untuk meningkatkan karier kalian. Namun terlalu percaya diri dan yakin, juga akan membuat kalian terlihat sebagai sosok yang sombong dan arogan. Jika kalian tidak mengerti suatu hal, ada baiknya kalian bertanya, jangan malah berpura-pura mengetahui segalanya.

 

3. Susah menerima kritik

Tidak bisa dipungkiri bahwa kritik merupakan sesuatu yang cukup sulit diterima oleh banyak orang, termasuk juga millennial. Arogansi atau selalu menganggap diri paling benar adalah salah satu penyebabnya. Padahal, biasanya kritik yang disampaikan sifatnya konstruktif artinya  supaya kalian mengetahu letak kesalahan yang harus diperbaiki sehingga nantinya kalian dapat menjadi lebih baik lagi.

 

4. Banyak bicara, tidak mau mendengar

Berbicara dan mendengar adalah dua hal yang sama pentingnya. Kalian tidak bisa terus-terusan berbicara, tanpa mau mendengarkan apa yang orang lain ingin katakan. Ingat! Perlakukanlah orang lain sebagaimana kalian ingin diperlakukan. Dengan kalian mau mendengar, tentu saja kalian akan terhindar dari kesan negatif (sebut saja egois) dilingkungan kerja kalian

 

5. Terlalu terpaku dengan smartphone

Millenial tentu saja identik dengan smartphone mereka. Walaupun sangat membantu dalam berkomunikasi, nyatanya masih banyak orang yang tidak bisa lepas dari smartphone.

Contohnya ketika sedang berbicara dengan klien atau teman kerja,  mereka tidak mengetahui kapan waktunya mengecek ataupun mematikan ponsel. Sehingga hal inilah yang membuat kesan tidak profesional melekat pada mereka.

Leave your thoughts

Siapa itu Lokerbali?

Lokerbali adalah platform yang memberikan informasi lengkap seputar tips karir dan lowongan kerja / loker di Bali ( Denpasar, Badung, Gianyar, Tabanan, Karangasem, Buleleng, Jembrana, Klungkung, Bangli ) terbaru dan update setiap harinya.

 

Lowongan kerja fulltime, part time, dan daily worker / DW terupdate di Bali