image

Kamu Termasuk Seorang Yang Kuliah Sambil Kerja? Ini Dia Keuntungan Yang Bisa Kamu Dapatkan

Menjalani perkuliahan dan lulus dengan nilai yang memuaskan menjadi tujuan dari setiap mahasiswa, namun dengan semakin ketat dan tingginya syarat untuk diterima kerja, ada baiknya kamu mulai bekerja saat kuliah.

Ada banyak manfaat positif yang kamu dapatkan jika bekerja ketika sedang kuliah, diantaranya :

1. Mengetahui dunia kerja lebih awal

Semua orang tentu butuh proses untuk bisa menjadi sosok profesional. Jika kamu mulai belajar bekerja freelance sejak kuliah, itu artinya kamu memulai proses itu dengan lebih cepat. Jadi saat lulus nanti kamu tahu bagaimana cara bekerja dengan baik, berbagai tekanan pun juga bisa kamu atasi dengan bijak.

2. Mengembangkan skill

Ada banyak jenis pekerjaan yang bisa diambil oleh anak kuliahan, dan kebanyakan hal itu akan mengasah skillmu. Semakin banyak dan lama kamu mengerjakannya maka semakin ahli pula kamu di bidang itu. Istilahnya, kerja part time saat kuliah itu adalah belajar sambil praktek. Kamu mempraktekkan langsung apa yang kamu pelajari dengan bekerja dan menghasilkan dari itu.

3. Pengetahuanmu tentang dunia kerja meluas

Kemudian pengetahuanmu tentang dunia kerja pun meluas. Kamu yang tadinya tidak tahu apa-apa akan banyak belajar dari bagaimana situasi saat bekerja dengan orang lain. Dan hal ini membuka wawasanmu soal realita di tempat kerja dan bagaimana berbagai tekanan dan polemik bisa terjadi dalam pekerjaan.

4. Jadi lebih mandiri

Dengan mengambil kerja ketika sedang berkuliah manfaat pertama yang kamu dapatkan adalah melatih kemandirian mu. Pelan-pelan kamu belajar untuk mandiri sekaligus mengurangi beban orangtua. Dengan ini, mentalmu ketika lulus nanti pun sudah terasah kuat dan tak lemah lagi.

5. Menjadi poin plus ketika lulus nanti

Manfaat positif lainnya jika kamu bekerja saat kuliah ialah, bisa menjadi poin plus ketika kamu lulus nanti. Pada lembar lamaran kerja, kamu bisa mencantumkan pengalaman kerja apa saja yang pernah kamu geluti. Tentunya hal itu menjadi nilai tambah tersendiri karena kamu tidak cuma mengandalkan nilai saja.

Yuk bagikan

tinggalkan komentar kamu


Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *