image

Ini Dia Prospek Kerja Buat Kamu Yang Sedang Mengambil Kuliah Jurusan Psikologi

Bagi kalian sedang menempuh pendidikan di jurusan psikologi, dan nantinya akan mencari kerja, sudah tahu apa saja prospek kerja psikologi? Berikut merupakan prospek karir yang bisa kalian lirik :

Psikolog

Psikolog merupakan salah satu prospek kerja yang memiliki beragam jenis. Misalnya, psikolog klinis, forensik, olahraga, dan lain sebagainya. Tugas dan tanggung jawab mereka pun berbeda, bergantung pada jenis psikolog nantinya kalian dalami. Contohnya, psikolog klinis akan banyak berhubungan dengan gangguan kesehatan mental seseorang, dan membantu orang-orang untuk bisa kembali hidup dengan normal.

Contoh lainnya, sebut saja psikolog olahraga, di mana nantinya kalian akan membantu para atlet untuk mendapatkan kesehatan mental yang baik, selain mereka melatih fisik mereka.

HRD 

Pekerjaan yang masih menjadi tujuan utama bagi para lulusan psikologi adalah HRD. HRD sendiri berkaitan dengan sumber daya manusia yang ada di dalam perusahaan, yaitu para karyawannya. Tugas kalian sebagai HRD adalah mengembangkan dan menerapkan kebijakan yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja karyawan sehingga lebih efektif dan maksimal bagi perusahaan.

Contoh dari pekerjaan HRD seperti misalnya merekrut karyawan baru termasuk melakukan interview, melakukan training dan evaluasi, sampai mengurus absensi dan ijin setiap karyawan.

Konselor

Jika kalian memiliki latar belakang psikologi, senang mendengarkan cerita orang lain, dan juga ingin membantu mereka, menjadi konselor mungkin akan cocok buat kalian. Menjadi konselor berarti kalian membantu klienmu untuk bercerita dan mengungkapkan apa yang mereka rasakan. Kalian juga memberikan arahan untuk mengambil keputusan, tentunya dengan tujuan untuk membantu mengatasi kebingungan mereka, dan membuat mereka menjadi lebih positif.

Konselor sendiri juga terbagi menjadi beberapa bidang, sebut saja konselor pendidikan, keluarga dan perkawinan, trauma, dan lain-lain.

Terapis anak berkebutuhan khusus

Jika kalian termasuk orang yang sabar dan senang dengan anak-anak, pekerjaan ini cocok bisa dibilang cocok untuk kalian. Di Indonesia sendiri, jumlah anak berkebutuhan khusus yang cukup banyak saat ini adalah anak autisme. Masalahnya, sampai saat ini jumlah anak berkebutuhan khusus belum sebanding dengan terapis yang ada.

Untuk prospek kerja psikologi ini, kalian akan bekerjasama dengan lembaga-lembaga tertentu, atau bekerja di sekolah untuk anak berkebutuhan khusus. Tugas kalian yaitu menerapkan terapi agar anak-anak berkebutuhan khusus tersebut bisa memiliki kehidupan yang mandiri dan sesuai perkembangan yang ia miliki.

Penulis dan penerjemah buku

Kebanyakan buku-buku referensi terkait masalah psikologi adalah terbitan luar negeri, dan belum terlalu banyak atau populer, untuk terbitan lokal. Karena itu, prospek kerja psikologi ini bisa kamu jalani, apalagi jika kamu memang memiliki minat dalam dunia tulis-menulis, dan senang berbagi dengan orang lain.

Di sisi lain, kalau kamu memang tertarik di dunia literatur, tapi belum mau menerbitkan sendiri, prospek kerja psikologi sebagai penerjemah buku juga bisa kamu kerjakan. Tentunya, syaratnya adalah memiliki penguasaan bahasa asing yang baik ya, agar bisa menerjemahkan dengan baik dan benar, sesuai kebutuhan penerbit.

Peneliti

Prospek kerja lain yang bisa kalian pertimbangkan adalah peneliti. Buat kalian yang senang dengan pekerjaan detail, mencari tahu, dan menjabarkan suatu hal, kalian bisa mencoba pekerjaan ini.

Banyak perusahaan dan lembaga-lembaga penelitian yang membuka lowongan untuk para peneliti, sesuai dengan bidang yang mereka jalani. sebut saja LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia), atau di LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat). Jika kalian bekerja sebagai peneliti dalam sebuah perusahaan, bidang yang akan kalian tangani berkaitan dengan kepuasan pelanggan, termasuk juga perilaku dari target market perusahaanmu.

Staf ahli

Mungkin kalian pernah mendengar istilah staf ahli. Yang paling umum yang biasanya kita dengar adalah istilah staf ahli kepresidenan. Ternyata, dengan gelar psikologi yang kalian punya, staf ahli juga bisa menjadi salah satu pilihan pekerjaan kalian. Nantinya Tugas kalian akan berkitan dengan tempat kalian bekerja—bisa staf ahli presiden, gubernur, anggota dewan, dan lain sebagainya.

Untuk prospek kerja psikologi ini, peran kalian adalah membantu public figur tersebut dalam menyesuaikan sikap dan tindakannya agar berkenan di mata publik. Contohnya ketika menyikapi permasalahan tertentu, bertutur dan bertingkah laku pada saat pidato, hingga cara berkomunikasi di media sosial.

Karena, banyaknya kasus publik figur yang “tersandung” masalah karena sikap dan perilakunya yang buruk. Karena itu, kalian akan berperan penting membantu memberikan masukan, sebagai staf ahli mereka.

Pengajar

Selanjutnya prospek kerja yang bisa kalian lirik adalah profesi pengajar, baik itu sebagai guru BK , guru sekolah kepribadian, maupun dosen. Pekerjaan pengajar adalaj mengajarkan materi terkait, dan memberikan konsultasi serta pengarahan. Jika kalian memeilih menjadi guru BK di sekolah, pekerjaan kalian akan berkaitan dengan konsultasi untuk para murid terkait keluarga, hambatan belajar, maupun jurusan dan karier  yang mereka pilih ke depannya.

Jika kalian menjadi pengajar di sekolah kepribadian, tugas kalian adalah menangani, atau membantu mengubah kepribadian seseorang, termasuk pembentukan karakter seseorang.


Yuk bagikan

tinggalkan komentar kamu


Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sedang Upload