image

Ingin Menjadi Cook Yang Handal? Miliki Kualitas Diri Ini

Menjadi seorang cook/chef tentunya harus memiliki kemampuan memasak. Namun jika kau ingin menjadi seorang cook yang excellent, kamu harus memiliki kualitas diri yang baik juga.

Lalu apa saja kualitas diri yang bisa membantumu menjadi cook yang mumpuni? Berikut ini ulasannya

1. Mampu bekerja di bawah tekanan

Dapur bisa termasuk salah satu tempat paling sibuk dan dipenuhi tekanan. Apalagi jika restoran harus melayani banyak pelanggan.

Semakin banyak pelanggan, semakin banyak pulalah hidangan yang harus disiapkan dan disajikan oleh chef dan timnya di dapur.

Belum lagi beberapa pelanggan sangat sensitif dengan ketepatan waktu, terutama ketika mereka merasa lapar.

Oleh karenanya orang-orang yang bekerja di dapur terutama chef bisa jadi harus memasak dengan cepat namun hasilnya tetap berkualitas.

Tekanan seperti ini harus bisa dilalui oleh chef yang memiliki dedikasi dan komitment tinggi bekerja di bawah tekanan.

2. Kreativitas

Siapa bilang memasak tidak butuh kreativitas? Nyatanya tak hanya seni, memasak juga butuh kreativitas dan chef yang baik biasanya orang yang kreatif.

Mengapa demikian? Bagi kebanyakan orang memasak memang perihal bahan dan takaran untuk membuat masakan lezat, namun jika hanya itu saja, lantas apa yang akan membuat restoran memiliki ciri khas yang membedakannya dari restoran lain?

Maka dari itulah dibutuhkan chef kreatif yang mampu membuat masakan yang menarik, baru, menjadi khas dari restoran tersebut, dan yang utama tentu saja harus memiliki cita rasa yang enak.

3. Memperhatikan detail

Seorang chef berkualitas selalu memperhatikan detail dan hasil yang baik dari bahan-bahan pokok yang dia olah menjadi masakan.

Ia harus mampu untuk fokus dalam mengerjakan pekerjaannya dan tidak melewatkan satu hal pun.

Kesalahan mungkin saja terjadi, namun tentu kesalahan tersebut tidak akan berdampak besar dan signifikan terhadap kualitas dan cita rasa masakan.

4. Memperhatikan kebersihan

Chef yang berkualitas juga peduli kebersihan. Apalagi mengingat makanan adalah bagian penting yang harus dijaga kebersihannya.

Makanan yang tidak bersih bisa menimbulkan berbagai macam risiko penyakit mulai dari mual hingga diare.

Maka dari itu, seorang Chef harus sadar bahwa menjaga kebersihan makanan dan minuman yang hendak disajikan untuk dimakan oleh pelanggan sangatlah penting.

5. Mampu bekerja bersama anggota tim

Di dapur suatu restoran biasanya tidak hanya satu orang saja yang bekerja. Mereka nantinya bekerja sama supaya bisa membuat hidangan lezat yang memuaskan para pelanggan.

Maka dari itu, chef yang baik biasanya sanggup bekerja dengan para anggota tim untuk membuat menu-menu lezat tersebut.

Kemampuan dalam mengelola tim juga diperlukan. Hal ini karena beberapa posisi chef ternyata harus mampu menangani para staf dapur, mengelola anggaran biaya untuk makanan dan minuman, menentukan bahan apa saja yang perlu dibeli (dan seberapa banyak), hingga menyusun jadwal kerja para staf pemasak di dapur.

6. Bersedia menerima kritik dan saran

Tidak semua orang mampu menerima kritik dan saran, terutama untuk seorang yang bekerja di bidang kuliner seperti chef.

Namun seorang chef berkualitas pasti akan tetap bersedia menerima kritik dan saran meskipun terasa tajam di telinga dan pedas sekalipun.

Ia mampu menjadikan kritik dan saran tersebut sebagai motivasi untuk memperbaiki hasil masakannya di restoran tersebut agar lebih baik.

7. Punya minat yang besar

Chef yang berkualitas, tentu harus memiliki minat (passion) yang besar dalam dunia memasak, serta mampu mengolah bahan-bahan pokok menjadi makanan dan minuman yang berkualitas tinggi.

Minat inilah yang memampukan mereka untuk berkreasi, mencoba resep baru, menikmati proses memasak hingga mempersiapkan makanan.

Yuk bagikan

tinggalkan komentar kamu


Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sedang Upload