image

Hal Yang Perlu Kamu Lakukan Sebelum Resign

Sebesar apa pun keinginanmu untuk keluar, kamu tidak bisa pergi begitu saja. Menurut thebalancecareers.com, sebelum pergi pastikan kamu melakukan 5 hal dibawah ini.

1. Susun rencana setelah resign

Salah satu kesalahan banyak orang sebelum resign adalah dengan tidak memikirkan masa depannya. Kebanyakan dari mereka hanya memikirkan cara agar bisa resign secepatnya. Alhasil ketika akhirnya resign, mereka kebingungan karena tidak tahu harus melakukan apa.

Agar kamu tidak mengalami hal yang sama, sebelum resign sebaiknya buatlah rencana tentang apa saja yang akan kamu lakukan setelah tidak lagi bekerja diperusahaan tersebut. Entah itu melanjutkan pendidikan, mencari pekerjaan baru, atau justru memulai usaha sendiri. Apa pun rencanamu, semua harus difikirkan matang-matang agar kamu tidak menyesal nantinya.

2. Sampaikan keinginan resigmu dengan bos

Ketika kamu memutuskan untuk resign, kamu tidak boleh pergi begitu saja. Bahkan jika kamu membenci atasanmu, kamu wajib memberitahukan atasanmu tentang rencana mu untuk resign. Selain tidak sopan dan memberikan kesan buruk, memutuskan resign secara tiba-tiba hanya akan membuat perusahaan kesulitan untuk mencari penggantimu.

3. Jangan Menumpuk Pekerjaan

Datang terlambat, bekerja malas-malasan, dan pulang duluan menjadi tiga hal yang tidak boleh kamu lakukan di kantor, bahkan jika kamu sudah memutuskan untuk resign sekalipun. Hanya karena sebentar lagi akan resign, bukan berarti kamu bisa bersikap seenaknya.

Alih-alih bersikap seenaknya, kamu justru harus makin giat dalam bekerja dan menyelesaikan semua tugas yang tersisa dengan cepat. Lagipula, kurang nyaman bukan jika seandainya di hari terakhir bekerja kamu harus lembur?

4. Tinggalkan catatan di meja kerja

Kamu mungkin sudah sangat mengeti mengenai kerjaanmu, tapi penggantimu nanti belum tentu bisa beradaptasi dengan cepat. Oleh sebab itu, alangkah baiknya jika sebelum pergi, kamu meninggalkan notes atau catatan di meja kerja yang berisi penjelasan tentang tugas apa saja yang harus penggantimu kerjakan.

5. Pamit pada rekan-rekan kantor

Selain atasan, kamu juga wajib memberitahukan kepergianmu pada rekan kerja yang lain. Karena tidak peduli seberapa menyebalkan pekerjaan atau perusahaan, setidaknya kamu masih memiliki kenangan yang menyenangkan bersama rekan-rekan kerja yang lain.

Untuk itu, sebelum pergi pastikan kamu pamit dan mengucapkan terima kasih pada semua orang atas bantuan yang mereka berikan padamu selama ini.

Yuk bagikan

tinggalkan komentar kamu


Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *