image

Gak Punya Skill Coding? Berikut Karier Yang Bisa Kamu Ambil Yang Berkaitan Dengan IT

Dengan pertumbuhan startup teknologi yang semakin meningkat, peluang kerja di dunia IT pun menjadi lebih banyak.

Apa saja peluang kerja yang dimaksud? Berikut ini contohnya :

1. SEO specialist

Saat ini setiap perusahaan, terutama yang bergerak di bidang teknologi tentunya sangat mengandalkan internet untuk pemasaran.

Di sini peran SEO specialist sangat dibutuhkan karena mereka bertugas untuk mengoptimalkan konten di website agar bisa muncul di halaman pertama mesin pencarian.

Seorang SEO specialist harus selalu up to date dengan perubahan algoritma Google atau mesin pencarian lainnya. Hal itu bertujuan agar website bisa mendapatkan traffic yang tinggi dan mendapatkan ranking yang baik di mesin pencarian.

2. Business analyst

Profesi sebagai business analyst kini juga sering diperbincangkan. Pasti kamu juga sudah tidak asing dengan pekerjaan yang satu ini, kan?

Business analyst juga termasuk pekerjaan di dalam dunia IT yang bisa kamu coba meski tanpa skill coding. Business analyst memiliki peran penting dalam perusahaan teknologi karena mereka menjadi jembatan antara pelanggan dan perusahaan.

Seseorang yang menekuni profesi ini harus mampu membuat analisis bisnis sebelum meluncurkan sebuah produk baru sehingga akan tahu dampaknya seperti apa untuk perusahaan.

3. Product manager.

Seorang product manager tidak perlu harus paham coding untuk menjalankan tugasnya. Pasalnya, mereka memiliki tanggung jawab untuk membuat produk yang sesuai dengan keinginan user.

Product manager memiliki tugas untuk mengawasi seluruh proses pengembangan produk yang dibuat perusahaan. Posisi product manager berada di tengah-tengah antara IT, design, dan user experience. Jadi, ia hanya perlu memiliki pengetahuan dasar mengenai ketiga hal tersebut saja.

Skill paling penting dari seorang product manager ialah komunikasi, analytical thinking, strategic thinking, hingga negotiation.

4. UI/UX designer

Dalam sebuah perusahaan teknologi, profesi UI/UX designer memiliki peranan yang sangat penting.

Meskipun sama-sama betugas menjadi desainer, tapi tanggung jawab dari UI dan UX designer sangatlah berbeda.

UI designer memiliki tanggung jawab untuk membuat tampilan website atau aplikasi yang menarik dan memiliki nilai estetika yang tinggi sehingga lebih eye catching.

Sementara itu, UX designer harus mampu menciptakan tampilan website atau aplikasi yang mudah digunakan oleh pelanggan.

Jadi fokus utamanya supaya user mendapatkan pengalaman yang terbaik saat menggunakan produknya.

5. Technical writer

Pekerjaan yang satu ini berbeda dengan profesi menulis lainnya. Pasalnya, technical writer harus mampu mengubah bahan tulisan yang sangat teknis menjadi tulisan yang lebih mudah dipahami oleh pengguna.

Umumnya technical writer akan menulis tentang panduan penggunaan produk, instruksi penggunaan, atau bahkan FAQ atau Frequently Asked Question.

Selain harus memiliki kemampuan menulis yang baik, seorang technical writer juga dituntut untuk memiliki orientasi pada detail hingga berpikir secara kritis.

Jika kamu suka menulis dan mampu memahami hal yang teknis kemudian dapat menuliskannya menggunakan bahasa yang lebih mudah dipahami. Maka bisa mencoba mendalami profesi yang satu ini.


Yuk bagikan

tinggalkan komentar kamu


Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sedang Upload