image

Etika Dasar Yang Wajib Kamu Terapkan Sebagai Seorang Yang Paling Muda Di Kantor

Tempat kerja memang berbeda dari kuliah dan sekolah. Dalam lingkungan kerja kamu akan dihadapkan dengan rekan kerja yang bisa saja lebih tua darimu. Apakah kamu seorang yang bekerja dengan orang yang lebih tua darimu? Jika seperti itu, tentu sebagai yang termuda di tempat kerja kamu harus menjaga etikamu.

Berikut ini contoh etika dasar yang perlu kamu terapkan

1. Menjaga attitude dan tata krama yang sepantasnya

Berada di antara lingkungan dan rekan kerja yang usianya lebih tua tentu membuatmu harus menjaga attitude dan tata krama yang sepantasnya. Gak perlu berlebihan dan terlalu hormat, tapi setidaknya kamu menghargai mereka dengan wajar. Gak bersikap seenaknya seperti dengan teman seumuran.

2. Gak sok pintar dan mau meminta saran

Mereka yang lebih tua tentu punya pengalaman kerja lebih banyak, atau mungkin sudah bertahun-tahun bekerja di sana lebih dulu daripada kamu. Maka dari itu jika kamu ada kesulitan atau kendala sesuatu, cobalah untuk meminta saran atau bertanya pada mereka. Jangan sok pintar sendiri dan merasa tidak butuh dibantu.

3. Sopan ketika menyampaikan kritik

Memiliki opini sendiri dan mengkritik merupakan suatu hal yang wajar dalam dunia kerja, asal jangan keluar batas ketika menyampaikannya dan tetap sopan.

4. Tidak merasa lebih hebat hanya karena kamu lebih muda

Kamu yang masih muda mungkin punya energi yang lebih banyak, atau mungkin punya skill lebih bagus, akan tetapi kamu juga harus memposisikan diri dengan tepat agar tidak dinilai merendahkan mereka.

5. Bekerja dengan profesional dan suportif

Meskipun rekan kerjamu umurnya lebih tua dan senior di sana, bukan berarti mereka wajib mengurusmu selayaknya adik dan menanggung beban lebih banyak. Bekerjalah dengan profesional dan suportif, karena menyelesaikan pekerjaanmu dengan baik tanpa menyusahkan mereka juga termasuk dalam adab dasar.

Yuk bagikan

tinggalkan komentar kamu


Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sedang Upload