image

Ciri-Ciri Produk Investasi Yang Aman

Investasi di Indonesia ada bermacam-macam, dan kamu bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan. Investasi yang aman perlu diketahui ciri-cirinya, karena sekarang juga marak investasi bodong yang merugikan dan uangmu tidak akan kembali sepeser pun. Investasi yang aman memiliki ciri khas sebagai berikut:

1. Janji yang ditawarkan rasional

Dengan modal yang kamu tanam pada sebuah investasi memang akan mendatangkan keuntungan. Namun keuntungan itu tentunya adalah keuntungan yang wajar, yang seimbang juga dengan modal yang kamu tanam. Perusahaan yang menjanjikan keuntungan rasional biasanya adalah perusahaan pengelola investasi yang aman.

Kamu boleh mempercayakan investasimu pada mereka. Jika kamu menemukan perusahaan yang menjanjikan keuntungan besar tanpa mendasar, maka kamu perlu mencurigai perusahaan itu.

2. Pengelola investasi mendapatkan izin dari OJK

Perusahaan pengelola investasi yang sudah mendapatkan izin dari OJK biasanya sudah terjamin aman. Ini adalah ciri khas investasi yang aman yang bisa pertama kali kamu lihat. Jangan mau berinvestasi di sebuah perusahaan yang belum memiliki izin dari OJK karena bisa saja itu adalah penipuan.

3. Balik modal di waktu yang wajar

Perusahaan pengelola investasi dikatakan memiliki investasi yang aman apabila menjelaskan padamu bahwa kamu akan mendapatkan keuntungan di waktu yang wajar. Apabila mereka menjanjikan return yang terlampau cepat, hal itu justru akan mencurigakan.

4. Risiko itu selalu ada

Perusahaan pengelola investasi biasanya akan menjelaskan padamu risiko-risiko apa saja yang bisa kamu alami ketika melakukan investasi di tempat mereka. Ini bukan untuk menakuti, tapi agar kamu bisa melakukan persiapan.

Justru akan terdengar aneh jika ada perusahaan pengelola investasi yang mengatakan bahwa kamu tidak akan menghadapi risiko. Yang cukup wajar adalah mereka mengatakan bahwa risikonya kecil.

Yuk bagikan

tinggalkan komentar kamu


Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sedang Upload