Cara Membuat HRD Terkesan Ketika Kamu Melamar Pekerjaan

Kita semua sepakat bahwa melamar pekerjaan bukanlah sebuah hal yang mudah untuk dilakukan. Kamu harus siap bersaing karena tentu saja kamu bukanlah satu-satunya kandidat yang melamar pekerjaan di perusahaan itu.

Oleh sebab itu, sangat penting bagimu untuk membuat HRD terkesan sehingga mempertimbangkan dirimu sebagai kandidat yang terbaik. Untuk itu, coba lakukan beberapa hal berikut ini.

 

1. Menggunakan foto diri yang profesional pada CV

Hal yang satu ini mungkin terkesan sepele. Namun, foto yang terkesan tidak profesional, bisa saja membuat HRD mengurungkan niatnya untuk merekrut kamu. Oleh karena itu, pastikan kamu menggunakan foto yang tampak profesional dalam CV.

 

2. Membuat cover letter yang baik

Meski tak semua perusahaan mengharuskan pelamar menyertakan cover letter, akan tetapi ini bisa jadi nilai plus bagimu. Cover letter yang baik tak hanya menjelaskan dirimu saja. Kamu perlu menyertakan pengalaman yang relevan dengan pekerjaan yang dilamar.

 

3. Menyajikan portofolio yang menarik

Portofolio yang bagus dan menarik, secara tidak langsung menjadi sarana yang bisa membuat perusahaan sadar bahwa kamu memiliki pengalaman dan kemampuan yang dibutuhkan oleh perusahaan. Agar portofolio menarik di mata HRD, jangan lupa untuk mencantumkan semua hasil proyek yang telah kamu kerjakan.

 

4. Memilih pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan atau pekerjaan kamu sebelumnya

Memilih pekerjaan yang sama dengan kemampuan yang dimiliki atau bidang pekerjaan kamu sebelumnya, bisa jadi nilai plus yang dilihat oleh HRD. Selain itu, kamu bisa menggunakan pengalaman kerja yang dimiliki untuk meningkatkan nilai tawar.

Selain itu, bagi seorang freshgradute, kamu bisa menguatkan dirimu dengan portofolio yang menarik.

 

5. Tidak berganti pekerjaan terlalu sering

Jika kamu bekerja dalam waktu yang cukup lama di suatu perusahaan, HRD bisa melihat loyalitasmu dalam posisi tertentu. Ini jadi pertimbangan tersendiri bagi perusahaan untuk merekrutmu. Oleh karenanya, jika kamu sering melakukan job hopping atau berganti-ganti pekerjaan, berhentilah mulai dari sekarang.

 

6. Memahami nilai-nilai perusahaan dengan baik

Jika kamu mendapatkan undangan untuk interview, segera lakukan riset kecil mengenai perusahaan tersebut! Sehingga, kamu bisa tahu seperti apa perusahaan tersebut, bagaimana model bisnis yang dijalankan, serta nilai-nilai yang dianut oleh perusahaan. Biasanya, HRD sangat mempertimbangkan orang-orang yang sangat memahami nilai-nilai perusahaan mereka.

 

7. Mempercantik tampilan media sosial

Media sosial dipercaya dapat menunjukkan kepribadian seseorang. Oleh karenanya, di era digital seperti sekarang, beberapa HRD menjadikan media sosial sebagai penilaian yang penting. Untuk itu, cobalah untuk mempercantik media sosial yang kamu miliki sebelum melamar pekerjaan!

 

 


Berita, Tips

Tinggalkan Balasan