image

Cara Membangun Hubungan Yang Lebih Berkualitas Dengan Rekan Kerjamu

Semua orang pasti ingin memiliki hubungan dengan rekan kerja yang baik. Namun baik saja tidak cukup, tentunya hubungan yang dijalin pun harus berkualitas. Dengan memiliki hubungan yang berkualitas, tentunya banyak hal yang bisa kamu dapatkan.

Dalam membangun sebuah hubungan kerja yang berkualitas tentunya tidaklah mudah. Perlu cara-cara ampuh, agar kamu bisa mempunyai rhubungan yang berkualitas. Berikut ini ulasannya.

1. Kenali rekan kerjamu lebih jauh lagi

Kenalilah dia terlebih dahulu. Bisa berupa sifatnya, karakternya, hobinya, motivasinya dan tentunya, ketahui juga cara menghadapi atau meluluhkan orang seperti dia.

Cara untuk bisa mengenali rekan kerja dengan baik juga enggak bisa sembarangan dan secepat kilat. Sesekali, ajaklah rekan kerja kamu untuk makan atau melakukan kegiatan di luar pekerjaan kalian. Dijamin, percakapan kalian akan lebih dalam dan tidak terlalu kaku pastinya.

2. Jadilah seorang pendengar yang baikĀ 

Jika rekan kerja kamu membutuhkan orang untuk mendengarkan curhatan-curahatan hatinya, jadilah pendengar yang baik. Selama itu keinginan pribadinya untuk menceritakan dan kamu tidak berusaha mencari tahu, kenapa tidak. Namun, kamu pun harus berhati-hati dan jangan salah langkah guys.

Usahakan untuk tidak terlalu mengguruinya atau mengomentari kehidupannya begitu dalam.

3. Menghargai setiap prestasi dan pencapaiannya

Daripada membicarakan keburukan atau hal-hal negatif tentang rekan kerja. Alangkah lebih baiknya kita memberikan dukungan atau menghargai setiap kerja keras dan prestasinya selama ini. Tidak perlu macam-macam, memberikan ucapan selamat dan tidak iri dengan sebuah pencapaian dia pun, sudah sangat keren kok.

Menghargai kerja keras rekan kerja juga tidak hanya di saat dia mendapatkan sebuah prestasi atau pencapaian saja. Tetapi hargailah setiap usahanya, meskipun gagal atau hargailah setiap pendapat, gagasan dan ide yang rekan kerja kamu utarakan.

4. Jangan terlalu memasuki ranah pribadinya

Di saat kamu sudah mempunyai hubungan yang sangat dekat atau mempunyai hubungan yang cukup baik dengan rekan kerja. Bukan berarti kamu bebas untuk mengetahui semua hal dan bebas untuk ikut campur dengan kehidupan pribadinya. Cobalah untuk memberikan sedikit batasan antara kamu dan rekan kerja.

Mulai dari sekarang, jangan terlalu penasaran dengan kehidupan pribadi dari seseorang. Karena hal itu tentunya akan cukup mengganggu dan bisa membuat rekan kerja kamu menjadi tidak nyaman untuk bekerja sama denganmu.

5. Jangan terlalu mengekang

Mengikuti aturan atau budaya dalam sebuah perusahaan, tentunya merupakan sebuah keharusan untuk semua pekerja. Namun bukan berarti kamu berhak untuk mengekang dia untuk berkreasi lebih luas dan menciptakan ide-ide yang lebih baru lagi. Berilah dia ruang untuk bisa membawa perusahaan ke arah yang lebih baik dan maju lagi, dengan ide-ide kreatifnya.

Ingat, biasanya ide-ide kreatif akan muncul di saat seseorang diberikan sebuah kebebasan lho. Makanya berikan rekan kerja kamu sebuah kebebasan untuk berpikir, berpendapat dan memberikan ide-ide yang lebih keren untuk perusahaan. Selama tidak memberikan efek yang negatif, kenapa enggak.

Yuk bagikan

tinggalkan komentar kamu


Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *