image

5 Kerugian Yang Kamu Terima Jika Sering Telat Ngantor

Terkadang beberapa perusahaan masih memberikan kesempatan kepada mereka yang telat masuk kerja, akan tatapi kesempatan yang diberikan hendaknya tidak disalah gunakan. Sering terlambat ketika ke kantor juga banyak ruginya untuk kita, berikut 5 kerugian yang akan kamu dapat ketika sering telat ngantor.

1. Dipandang tidak profesional

Setiap perusahaan pasti punya peraturan tersendiri untuk mengatur karyawannya. Peraturan yang dibuat biasanya untuk kebaikan bersama antara perusahaan maupun karyawan. Akan tetapi terkadang peraturan yang telah dibuat sering di langgar karyawan, salah satunya mengenai kedisiplinan masuk kantor untuk bekerja. Sudah ada ketentuan jam masuk kantor akan tetapi banyak karyawan yang sering terlambat.

Telat masuk kantor dapat membuat seorang karyawan dipandang tidak profesional karena pada awal ia bekerja pasti sebelumnya sudah dijelaskan peraturan dalam perusahaan. Ketika karyawan sering telat masuk kantor berarti ia tidak profesional karena sudah melanggar peraturan yang ada dan itu menjadi kerugian untuk karyawan tersebut pastinya.

2. Berpengaruh pada penilaian atasan

Di dalam suatu perusahaan biasanya rutin melalukan penilaian terhadap karyawannya, entah itu untuk perpanjangan kontrak, promosi, mutasi dan keperluan yang lain. Penilaian yang langsung dari atasan membuat kinerja karyawan akan sangat diperhitungkan. Jika seorang karyawan sering telat masuk ke kantor secara langsung akan dinilai kurang baik oleh atasan. Kedisiplinan biasanya menjadi poin penting oleh atasan dalam melakukan penilaian terhadap karyawannya. Yang demikian tersebut akan merugikanmu dan juga karirmu di perusahaan tersebut pastinya.

3. Potongan gaji

Kerugian lain ketika sering telat masuk kantor untuk bekerja ialah akan mengurangi gaji atau pendapatanmu. Sebagian perusahaan biasanya mempunyai peraturan tersendiri ketika ada karyawannya telat masuk kantor. Entah itu sanksi teguran, surat peringatan atau bahkan pengurangan gaji. Hal ini akan merugikanmu. Coba bayangkan ketika dalam satu bulan kamu sudah telat masuk kantor beberapa kali, pasti akan banyak potongan di dalam gajimu. Cobalah untu datang lebih awal, karena hal itu tidak akan merugikanmu.

4. Semangat kerja berkurang

Ketika seorang karyawan sering telat masuk kantor akan merugikan dirinya sendiri, biasanya akan mengurangi semangatnya dalam bekerja karena pasti dari mulai masuk kantor saja sudah dalam keadaan tergesa-gesa hingga mengakibatkan rasa capek yang bisa membuatnya tidak bersemangat.

Cobalah untuk bangun tidur lebih awal dan berangkat kerja sebelum jam masuk tiba sehingga bisa istirahat terlebih dahulu setelah perjalanan mempersiapkan stamina untuk memulai bekerja. Biasa juga waktu luang sebelum jam masuk kantor dimanfaatkan dengan minum teh atau kopi yang membuat kita semangat dan pikiran menjadi lebih segar.

5. Memberi pengaruh yang kurang baik bagi rekan kerja

Kamu akan membawa pengaruh yang kurang baik jika sering telat masuk kantor, rekan kerja lama-lama akan mencontoh kebiasaan buruk yang sering kamu lakukan. Berubahlah demi kebaikan bersama. Dengan menghilangkan kebiasaan sering telat masuk kantor kamu juga akan menjadi contoh yang baik untuk yang lainnya, selain itu juga akan membawa manfaat yang baik untuk diri kamu juga.

Yuk bagikan

tinggalkan komentar kamu


Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *