image

4 Karakter Yang Harus Dimiliki Seorang Pencari Kerja

Semua orang pasti memiliki tujuan dalam hidupnya. Bagi seorang jobseeker tujuan tersebut adalah mendapatkan pekerjaan. Tentu dalam meraihnya kita harua berusaha semaksimal mungkin.

Selain berusaha,  kita bisa merefleksikan, karakter seperti apa yang seharusnya dimiliki oleh para pencari kerja ini. Penasaran? Berikut beberapa karakter yang harus dimiliki oleh jobseeker!

1. Penguasaan diri

Yang mengatur hidup kita adalah diri kita sendiri. Kita juga lah yang berhak mengambil setiap keputusan untuk setiap pilihan yang dihadapi. Akan berbahaya apabila hidup kita dikontrol oleh orang lain. Mau itu keputusan, tindakan, prinsip, bahkan tujuan hidup itu harus kita yang membuat dan memegang kendali.

Oleh karena itu jobseeker, kita sudah tahu apa yang jadi tujuan. Jadi kita juga punya kontrol apa yang harus kita lakukan untuk mencari tujuan. Jika tujuan kita adalah mendapatkan pekerjaan yang layak, maka kita sendirilah yang mengontrol dan bertanggung jawab atas keputusan atau langkah selanjutnya yang akan kita ambil.

2. Kesabaran

Di dunia ini tidak pernah ada sesuatu yang instan, bahkan untuk membuatnya menjadi “instan” juga perlu proses. Sabar, penting untuk dimiliki setiap orang tidak hanya jobseeker. Seperti halnya membangun rumah, semua dilakukan sedikit demi sedikit. Mulai dari menemukan lokasi, membeli material bangunan, membangun pondasi. Begitu juga hidup kita, butuh kesabaran dan ketekunan.

Jadi jobseeker, tetaplah sabar dan bertekun dalam mencari pekerjaan. Tidak ada salahnya untuk tetap bertekun berjuang selalu mencari pekerjaan hingga nanti kalian temukan pekerjaan yang tepat. Semangat!

3. Berani bertindak

Jobseeker, pasti pernah dong dihantui dengan rasa takut, keraguan untuk bertindak? Hal itu manusiawi terjadi, terlebih seorang jobseeker tentu dihadapkan dengan berbagai macam pilihan dan kesempatan yang harus diambil. Pikiran negatif akan ikut muncul seiring dengan perjalanan kita dalam mencari kerja.

Lalu apa yang harus dilakukan? Jobseeker, semua itu harus dilawan, dan tetap melangkah maju. Ingatlah bahwa kesempatan belum tentu datang untuk kedua kali. Jangan biarkan keraguan, khawatir, dan rasa takut mengendalikan hidup kita. Lakukan hal yang positif, dan terus berjuang.

4. Punya komitmen untuk mengembangkan diri

Terpenting untuk dimiliki semua orang termasuk jobseeker adalah kemauan untuk belajar, kemauan untuk berkembang. Ada pepatah yang mengatakan “practice makes perfect”. Jika kita mau untuk terus belajar maka kita juga akan punya tujuan untuk selalu mencari hal baru, menggali informasi yang baru, mencoba hal baru. Penting untuk berinvestasi pada diri kita sendiri lho.

Yuk bagikan

tinggalkan komentar kamu


Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *