Tips Wawancara Kerja Via Telepon

Seiring berjalannya waktu, beberapa perusahaan sudah mulai beralih ke phone interview untuk menyeleksi calon karyawan. Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat melakukan wawancara via telepon.

Apa saja hal yang dimaksud? Simak ulasannya berikut ini

 

1. Latihan dan persiapkan diri

Sebelum jadwal interview datang, kamu bisa latihan wawancara dengan menelepon teman. Coba minta mereka untuk menanyakan hal-hal dasar seperti kekurangan dan kelebihanmu, bagaimana caramu mengatasi tantangan, dan apa tujuan pribadimu.

Selain itu, kamu juga bisa menyiapkan notes, lho! Tulislah outline dari hal-hal yang ingin kamu sampaikan! Terakhir, persiapkan semua berkas seperti resume, cover letter, dan sebagainya sehingga ketika mereka memintanya, kamu bisa langsung mengirim.

 

2. Lakukan riset 

Sebelum wawancara, ada baiknya kamu melakukan riset. Cari tahu seperti apa perusahaan tersebut dari mulai situs resminya, membaca beritanya, hingga memahami seperti apa bentuk komunikasi dan citra publik yang mereka buat di media sosial.

Selain itu, yang terpenting, cari tahu seperti apa job desk-mu kelak di perusahaan tersebut. Dengan begitu, ketika diwawancarai, kamu akan terdengar lebih yakin dan paham.

 

3. Cari lokasi yang nyaman dan sedikit distraksi

Agar interview berjalan lancar, kamu harus perhatikan hal kecil seperti lokasi menerima telepon. Pastikan tempatnya bebas dari polusi udara! Jangan sampai ketika kamu sedang serius wawancara, ternyata ada banyak distraksi yang hadir di sekelilingmu.

 

4. Tetap serius dan profesional

Sama seperti in-person interview, wawancara via telepon juga memerlukan keseriusan dari dirimu untuk menjawab pertanyaan. Jangan perlakukan agenda wawancara teleponmu dengan terlalu santai dan tetap jawab pertanyaan dengan profesional!

 

5. Senyum

Meskipun interviewer gak bisa melihat langsung penampilanmu, tersenyum saat berbicara di telepon bisa membuat nada suaramu terdengar lebih menyenangkan dan antusias, lho! Hal ini membuatmu jadi terkesan lebih ramah dan supel.

 

6. Ciptakan impresi yang bagus

Perhatikan juga bagaimana cara kamu menyapa interviewer. Tanyakan kabarnya dan jawab pertanyaan dengan antusias. Selain itu, perhatikan tone dan artikulasimu saat berbicara. Usahakan selalu bicara dengan jelas dan lugas, ya!

 

7. Tunjukkan antusiasme dengan menanyakan hal-hal yang bijak

Kamu juga bisa menunjukkan rasa ketertarikanmu terhadap perusahaan dengan menanyakan hal-hal yang menarik. Misal, tanyakan hal yang lebih dalam tentang posisimu di sana atau seperti apa lingkungan kerja di dalamnya.

Tanyakan hal-hal yang gak bisa kamu cari tahu di situs resmi perusahaan atau bisa kamu baca di google! Hal ini membuatmu terdengar orisinal dan memang tertarik untuk masuk ke perusahaan.

 

8. Tutup wawancara dengan mengucapkan terima kasih.

Setelah sampai di penghujung wawancara, ucapkan terima kasih kepada interviewer atas kesempatannya. Lalu, kirimkan mereka thank you notes lewat e-mail.


Tips

Tinggalkan Balasan