Tips Menghadapi Rekan Kerja yang Toxic

Memiliki rekan kerja toxic di kantor tentu saja sangat menyebalkan. tidak hanya membuat mood kalian jadi berantakan, pekerjaan yang kalian lakukan juga pasti terganggu.

Menurut Harvard Bussiness Review, ciri-ciri orang toxic yang ada dikantor yaitu ; sering bergosip, sengaja menjatuhkan orang lain, egois, dan masih banyak lainnya. Perilaku toxic ini pun tentunya akan berdampak buruk bagi kalian.

Lalu bagaimana cara mengatasi mereka? Kami akan memberi tips untuk menghadapi rekan kerja yang toxic di tempat kerja :

 

Jangan menjadi mereka

Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah jangan menjadi toxic seperti mereka. Orang-rang yang toxic memiliki midset egoisme dimana dalam tim yang terpenting adalah menyingkirkan yang lain.

Untuk itu kalian perlu fokus dalam bekerja sebagai tim, jangan sampai kalian terjebak dalam persaingan yang mereka buat sendiri. Biasakanlah untuk berdiskusi dengan cara baik-baik bila ada masalah, bukannya malah saling menjatuhkan.

 

Menjadi orang yang berintegritas

Menjadi orang yang berintegritas adalah salah satu cara lain yang bisa diambil. Orang berintegritas selalu jujur, jangan menolerir sebuah kebohongan. Jika mereka melakukan kesalahan, tentu saja kalian berhak untuk menegur mereka. Namun ketika menegurnya, usahakan bicara secara baik-baik. Dengarkan masalahnya lalu kalian dapat mencari solusinya bersama.

Tentu saja kamu tidak bisa membuat mereka berubah dan sadar secara tiba-tiba, namun memang ada proses yang bisa dilakukan untuk membuat mereka berubah, atau setidaknya sadar akan kesalahannya.

 

Ingat Jaga Diri Kalian

Lakukan apa yang kalian mampu lakukan, biarkan saja hal-hal yang tak bisa kalian kendalikan, dan bila perlu, kalian bisa membuat perubahan. Jika memang kalian sudah melakukan berbagai upaya namun tak ada hasilnya juga, ada baiknya kalian segera mencari tempat kerja lain. Bukan karena menyerah, tapi lebih tepatnya kalian mengalah demi kehidupan yang lebih baik.

Ingat, jangan sampai perilaku toxic di tempat kerja mempengaruhi kesehatan psikologis dan emosional kalian.

 

Bicarakan dengan Atasan

Kalau memang dirasa kelakuan rekan kerjamu sudah kelewat batas, ada baiknya atasanmu tahu setiap detail permasalahnya. Jangan sampai lingkungan kerja kalian memiliki vibe yang toxic hanya karena satu orang.

Kalian bisa mengajak atasan kalian untuk membahas masalah ini, sehingga atasanmu mampu menciptakan lingkungan kerja yang lebih kondusif, baik dengan cara membuat peraturan baru atau mungkin menghilangkan akar permasalahannya.

 

Leave your thoughts

Siapa itu Lokerbali?

Lokerbali adalah platform yang memberikan informasi lengkap seputar tips karir dan lowongan kerja / loker di Bali ( Denpasar, Badung, Gianyar, Tabanan, Karangasem, Buleleng, Jembrana, Klungkung, Bangli ) terbaru dan update setiap harinya.

 

Lowongan kerja fulltime, part time, dan daily worker / DW terupdate di Bali