image

Tips Membuat Magang Jadi Lebih Bermanfaat

Magang atau training merupakan salah media untuk bisa mencicipi dunia kerja. Namun masih banyak siswa atau mahasiswa yang menyepelekan hal ini dan malah lebih suka bersantai ria daripada mengambil tanggung jawab lebih atau belajar dari kegiatan tersebut.

Gak mau kan kalo nantinya kamu dipandang buruk oleh teman sekantor? Berikut ini tips untuk membuat magangmu jadi lebih bermanfaat.

1. Berpakaian Rapi

Mungkin beberapa dari kamu yang saat ini sedang melakukan magang agak tidak terlalu peduli dengan pakaianmu tapi kamu perlu perhatikan kerapian dari pakaianmu. Kamu pasti sering mendengar istilah “jangan menilai seseorang dari penampilannya” pribahasa itu mungkin benar tapi ketika impresi ketika kamu magang itu bisa menjadi penilaian khusus dari atasan perusahaan di tempat kamu magang lho.

Kamu juga perlu memperhatikan dan cari tahu informasi pakaian di perusahaan tempat kamu magang. Apakah perusahaan tersebut berpakaian formal atau casual, jangan sampai kamu salah kostum.

2. Datang tepat waktu

Disiplin adalah kunci yang sangat penting di sebuah perusahaan dan ini wajib kamu ingat apalagi kamu berstatus karyawan magang. Tunjukan bahwa kamu adalah pribadi yang disiplin dan sangat menghargai waktu. Datang lebih awal (15 hingga 30 menit lebih awal dari jam masuk) akan menjadi penilaian plus apabila kamu sering bertemu atau dilihat HRD maupun atasan tempat kamu magang.

3. Menjadi pribadi yang pro-aktif

Apabila kamu sangat ingin kerja di perusahaan tempat kamu magang saat ini penting banget buat kamu menjadi pribadi yang pro-aktif. Nah pribadi yang pro-aktif itu seperti apa? kebanyakan orang yang magang atau karyawan pada umumnya hanya bekerja sesuai dengan job desk yang diberikan maka dari itu apabila kamu mau menjadi pribadi yang pro-aktif kamu wajib melakukan yang namanya extra mile atau mengambil pekerjaan lebih.

Meski kamu tidak mendapatkan upah ataupun hal lain setidaknya dengan sikap pro-aktif ini kamu bisa belajar lebih banyak hal yang akan bermanfaat untuk diri kamu sendiri, syukur-syukur kamu dilihat oleh manager kamu. Etos kerja yang tinggi sangat diperlukan di sebuah perusahaan lho.

4. Kenalan dengan semua orang di kantor

ketika kamu masuk ke perusahaan ada baiknya kamu kenalan dengan semua orang yang ada di tempat kamu magang, baik itu di managerial maupun OB atau satpam sekaligus. Jangan menutup diri atau memilih-milih kenalan karena kita ngga tahu kedepannya seperti apa. Bisa jadi kamu bisa mendapatkan tawaran bagus di orang-orang yang ada di tempat magangmu itu.

Yuk bagikan

tinggalkan komentar kamu


Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *