image

Tips Cara Melamar Kerja Buat Kamu Yang Baru Lulus Kuliah

Jika kalian seorang fresh graduate dan belum memiliki pengalaman kerja, apa yang akan kalian isi pada CV? Pertanyaan seperti ini tentu saja sering ada didalam pikiranpelamar kerja yang notabene masih baru lulus dan belum pernah bekerja sama sekali.

Lalu, apa saja yang harus diisi di CV lamaran kerjamu dan bagaimana cara kalian meyakinkan perusahaan yang dilamar meskipun kalian belum memiliki pengalaman kerja? Berikut ini cara melamar kerja sehingga kalian dapat diterima kerja.

1. Manfaatkan grup pencari kerja atau website secara maksimal

Salah satu cara termudah untuk mencari kerja tanpa memiliki pengalaman adalah dengan bergabung ke grup pencari kerja. Selain grup, kalian bisa mencari informasi lowogan di website atau social media. Teknologi saat ini tentunya akan semakin memudahkanmu untuk mencari pekerjaan.

Namun perlu diingat kalian harus rajin dalam membuka web atau gruppencari kerja, sehingga informasi yang kalian dapatkan akan selalu update dan meminimalisir resiko tidak diterima akibat pendaftaran sudah telat.

2. Sortir perusahaan yang memungkinkan untuk  dilamar

Banyak dari pelamar yang gagal hanya karena melamar pada posisi atau perusahaan yang tidak sesuai dengan jurusan, keahlian, atau pengalaman organisasi mereka. Untuk itu, kalian harus memperhatikan secermat mungkin, apakah perusahaan yang akan dilamar memiliki kualifikasi tertentu atau tidak.

Ada perusahaan yang memprioritaskan pengalaman kerja di bidang yang sama atau harus memiliki keterampilan khusus. Ada juga perusahaan yang senang dengan tenaga fresh graduate, kembali lagi pada setiap perusahaannya.

Jika kalian sering melamar online, gunakan fitur filter/penyaring yang tersedia di halaman website pencari kerja. Centang opsi fresh graduate/ tidak memiliki pengalaman. Cara ini nantinya akan membuat website menampilkan pekerjaan apa saja yang tidak perlu pengalaman kerja.

3. Tulis pengalaman organisasi yang kalian miliki

Agar CV kalian tidak kosong, kalian masih bisa mengisi CV dengan pengalaman kerja sukarela, kegiatan di kampus, atau mungkin prestasi kalian. Hal ini akan membuat para HRD lebih tertarik dengan kalian karena ternyata meski belum berpengalaman, kalian pernah aktif di dalam keorganisasian.

Sampaikan pengalaman kerja kalian yang pernah dilakukan saat mengikuti acara atau kegiatan tertentu. Pengalaman yang cocok dengan posisi yang kalian lamar ini yang bisa menjadi tolak ukur bagi rekruter untuk memilih kalian.

4. Sertakan pengalaman yang sesuai dengan posisi yang  dilamar

Kalian dapat mengisi CV dengan pengalaman yang sesuai dengan posisi yang akan dilamar. Seperti misalnya ketika kalian ingin melamar di bidang desain grafis, sertakan saja prestasi atau pengalaman yang pernah kalian peroleh di bidang tersebut.

Rekruter biasanya lebih menyukai seseorang yang konsisten menggeluti bidang-bidang tertentu. Ada pula tipe perusahaan yang lebih mengutamakan passion , minat, atau bakat kalian di atas segalanya.

5. Perlihatkan kemampuan khusus yang kalian miliki

Kemampuan khusus yang kalian miliki dapat menjadi nilai tambah  kalian. Contohnya, kalian memiliki sertifikat pelatihan program microsoft office, atau kemampuan berbahasa jepang, dan masih banyak kemampuan khusus lainnya.

Biasanya perusahaan akan menyukai pelamar yang memiliki kemampuan spesifik, apalagi jika kemampuan tersebut memang dibutuhkan oleh perusahaan.

Yuk bagikan

tinggalkan komentar kamu


Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sedang Upload