image

Terlalu Gugup Saat Interview, Bisa Berdampak Seperti Ini Lho

Merasa gugup merupakan suatu hal yang wajar dialami semua orang, akan tetapi jangan sampai terlalu gugup hingga membuat kacau interview kerjamu. Soalnya selain bikin malu, juga bisa membuat lamaran kerjamu jadi ditolak.

Lalu kesalahan yang seperti apa sajakah yang bisa terjadi? Berikut ini pembahasan lima di antaranya.

1. Menurunkan tingkat attractive

Kegugupanmu itu bisa menurunkan sisi menarik pribadimu. Yang mana pada saat interview kerja, sangatlah penting untuk membuat orang yang mewawancaraimu tertarik untuk mempekerjakanmu. bisa dari sisi kepribadianmu yang semangat atau menunjukkan kemampuan-kemampuan yang kamu kuasai. Kalau terlalu gugup tentu kamu jadi tidak bisa melakukannya, kan?

2. Bicara terbata-bata 

Berbicara terbata-bata bisa membuat orang yang mewawancaraimu itu malas mendengarkan. Mendadak kamu lupa apa yang harus kamu katakan, dan karena terlalu gugup malah jadi gak jelas apa yang kamu katakan padanya. Bisa dibilang kalau ini kesalahan fatal, karena lamaran kerjamu bisa-bisa ditolak begitu saja.

3. Melakukan hal yang memalukan

Kemudian, terlalu gugup saat interview kerja juga bisa membuatmu membuat kesalahan seperti menjatuhkan dokumen penting, terjatuh, atau hal-hal buruk lainnya yang bisa bikin semuanya kacau.

Lebih parahnya adalah, kamu mungkin melakukan itu karena terlalu gugup, akan tetapi orang yang melihat bisa saja malah menilaimu tidak profesional.

4. Interviewer menganggap  kamu belum siap

Seperti yang kita tahu bahwa ada banyak hal yang akan kamu hadapi saat bekerja nanti, entah itu disuruh memimpin meeting dengan tiba-tiba, bertemu klien penting tanpa pemberitahuan, atau hal-hal lainnya yang membutuhkan mental yang siap. Dan bakal susah kalau kamu orang yang gugupan.

5. Melakukan hal kelewat batas

Terakhir, bisa-bisa kamu malah melakukan sesuatu yang kelewat batas karena terlalu gugup. Misalnya seperti tidak mengendalikan emosi, tidak menjaga bicara dan etika, atau menunjukkan skill secara berlebihan yang membuat orang illfeel. Pokoknya dampak dari kegugupanmu itu malah membuatmu jadi melakukan hal-hal di luar batas, padahal sebenarnya pada saat interviewlah harusnya kamu menunjukkan first impression yang baik.

Yuk bagikan

tinggalkan komentar kamu


Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sedang Upload