image

Simak Tips Ini Supaya Kamu Mudah Beradaptasi Di Lingkungan Kerja Yang Kompetitif

Dalam Dunia kerja orang-orang sering di tuntut untuk mencapai target sesuai yang diinginkan atasan maupun perusahaan. Sehingga wajar jika tercipta suasana kompetitif di antara para pekerja. Sebagai pekerja, apalagi yang belum memiliki banyak pengalaman, rasa khawatir pasti ada ketika berada di lingkungan kerja yang kompetitif.

Berikut kami berikan tips untuk beradaptasi dengan lingkungan kerja kompetitif:

Analisa Lingkungan Kerja

Ketika ingin beradaptasi di lingkungan kerja kompetitif, menganalisa situasi lingkungan tempat kerja adalah salah satu langkah yang baik. coba ketahui dan pahami betul bagaimana budaya tempat kerja kalian.

Mulai dengan tata cara berbicara antar karyawan, sikap dan kebiasaan rekan kerja dan atasan, cara berkomunikasi yang paling baik dan efektif kepada rekan kerja atau atasan, dan sistem birokrasi yang dimiliki oleh tempat kerja.

Setelah paham betul bagaimana situasi lingkungan kerja kalian, langkah dan sikap yang kalian ambil akan lebih terencana sehingga tepat untuk dilakukan dalam setiap keputusan untuk dapat beradaptasi di lingkungan kerja kompetitif.

Jalin Hubungan Baik dengan Rekan Kerja

Bersosialisasi di lingkungan kerja adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Selain membuat semangat tetap terjaga dalam bekerja, bersosialisasi juga dapat memberikan kalian koneksi. Selain itu juga bersosialisasi juga membuat kalian mengetahui situasi lingkungan kerja yang mungkin tidak kalian sadari sebelumnya. Tetapi perlu diperhatikan, menjalin pertemanan di lingkungan kerja kompetitif perlu dilakukan dengan hati-hati.

Kalian harus mengetahui betul siapa rekan kerja yang memang jujur dan membuat kalian menjadi lebih baik, dan siapa rekan kerja yang justru membawa kalian ke arah yang tidak baik. Jangan sampai kamu terbawa arus yang dapat merugikan kamu, seperti politik perusahaan ataupun kegiatan yang dapat merusak integritas dan citra kalian di lingkungan kerja.

Ada saatnya kalian juga perlu untuk memberi jarak jika kalian merasa dilibatkan dalam hal-hal yang tidak sesuai dengan hati nurani. Dalam lingkungan kerja kompetitif, tidak jarang ditemukan pekerja yang malah memanfaatkan temannya sendiri dengan cara yang buruk untuk mencapai tujuan pribadinya. Walaupun begitu berusahalah untuk terus menjalin hubungan baik dengan siapa saja di lingkungan kerja.

Ketahuilah Kelebihanmu

Mengetahui kelebihan diri sendiri adalah hal yang krusial untuk dilakukan. Di lingkungan kerja kompetitif, pastinya akan ada orang – orang yang berlomba untuk menjadi yang terbaik. Dengan jumlah kompetitor  yang banyak, bukan suatu hal yang tidak mungkin itu akan menghalangi jalan kalian, lebih baik ketahui dengan betul apa yang bisa dijadikan kekuatan untuk mendorong kalian menjadi yang terbaik.

Dibanding khawatir dengan apa yang orang lain lakukan, lebih baik gunakan waktu untuk mengenali kekuatan kalian dan memanfaatkannya secara maksimal. Analisa diri kalian dan pikirkan kemampuan apa yang kalian miliki serta apa yang bisa kalian lakukan dengan sangat baik.

Setelah mengenali kelebihan kalian, kembangkanlah kelebihan itu dan gunakan untuk mencapai target yang kalian punya. Memahami kekuatan kalian sebagai individu tentu akan membuatmu lebih mudah untuk beradaptasi di lingkungan kerja kompetitif.

Tetapkan Tujuan dan  Fokus

Hal yang paling penting untuk dilakukan ketika menghadapi banyak pekerjaan adalah untuk menetapkan tujuan utama kalian. Analisa pekerjaan dan tugas yang kalian punya. Setelah itu tetapkan tujuan utama dari pekerjaan yang akan kalian lakukan. Tetaplah ingat tujuan kalian agar tidak mudah teralihkan dan kehilangan fokus.

Dalam praktiknya, kalian pasti menemukan rintangan, baik dari dalam pekerjaan itu sendiri atau malah dari lingkungan luar kalian tidak antisipasi sebelumnya. Ingat selalu tujuan dari pekerjaan yang kalian lakukan. Tetap fokus dengan apa yang kalian kerjakan agar lebih mudah beradaptasi di lingkungan kerja yang kompetitif.

Inisiatif dan Ambil Kesempatan

Dalam lingkungan kerja kompetitif, akan ada banyak orang yang mencoba untuk selalu tampil menonjol. Di sinilah, tantangan kalian untuk dapat diingat oleh atasan juga rekan kerja kalian. Beranilah untuk mengambil inisiatif di setiap kesempatan yang ada.

Jangan takut untuk kelihatan beda karena justru ini kesempatan kalian untuk bisa menjadi yang terbaik walaupun berada di lingkungan kerja kompetitif. Beranikanlah untuk menantang diri kalian dengan mengambil kesempatan yang orang lain ragu untuk ambil. Mengambil inisiatif lebih dapat menjadi pembuktian bahwa kalian memang berbeda dibanding rekan kerjamu

Pertahankan Integritasmu

Dalam lingkungan kompetitif, banyaknya tuntutan yang harus terpenuhi  bisa membuat siapa saja melakukan hal yang tidak terduga. Karenanya, banyak orang yang melakukan hal-hal di luar etika unyuk mencapai tujuannya dan akhirnya akan dipandang baik oleh orang yang mereka inginkan.

Ingatlah bahwa, tak peduli seberapa kompetitifnya lingkungan dan teman-teman kerja kalian, sangat penting untuk tetap mempertahankan integritas dalam bekerja. Hindari untuk terlibat di dalam kompetisi yang mengharuskan kamu berbuat tidak jujur atau kotor.

Integritas tinggi akan menjadi sebuah kualitas yang sangat dihargai dan  dapat menjadi nilai tambah. Mempertahankan integritas dan kejujuran tidak hanya membuat kalian bisa beradaptasi di lingkungan kerja kompetitif tapi juga bisa mengantarkan kalian ke level yang lebih tinggi.

Selalu asah kemampuan diri sendiri

Hal lain yang dapat kalian lakukan untuk bisa beradaptasi adalah dengan selalu mengasah kemampuan yang kalian miliki. Sangatlah penting untuk terus berusaha lebih dari orang lain ketika ada di lingkungan kompetitif. Cari tahu sebanyak mungkin informasi baru yang dapat mengasah kemampuan dan kelebihan yang kalian punya.

Mengikuti seminar dan workshop yang dirasa relevan dengan bidang dan kemampuan kalian bisa menjadi salah satu cara untuk mengasah kemampuan diri. Selain itu, jangan malu untuk berdiskusi dengan orang yang kalian pikir dapat membantu dalam hal mengembangkan diri

Yuk bagikan

tinggalkan komentar kamu


Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *