Semangat Kerja Kendor? Terapin Saja 6 Tips Ini

Bekerja merupakan sebuah kegiatan yang kita lakukan dalam upaya mendapat penghasilan untuk membiayai kehidupan kita sehari-hari. Selama 5-6 hari dalam seminggu, kita harus bekerja, dan pekerjaanpun terasa seperti sebuah rutinitas sehingga semangat kerja kita semakin menurun, tidak seperti pada awal kita bekerja.

Semangat kerja yang melemah ini disebabkan oleh berbagai hal dan tentunya setiap orang memiliki alasan yang berbeda. Ketika semangat kalian mulai redup, kalian bisa mencoba menerapkan 6 tips ini agar semangat kalian bisa kembali bangkit lagi.

 

1. Jangan menganggap pekerjaan berat dan dijadikan beban

Pemikiran ini sering ada dalam diri seorang karyawan yang menyebakan semangat kerja menurun. Tekanan yang disebabkan oleh tugas yang menumpuk dan deadline yang terus mengejar, membuat kalian malas untuk menyelesaikannya. Walaupun begitu, jangan sampai kalian lari begitu saja dari tanggung jawab yang sudah dipercayakan kepada kalian.

Ketika pekerjaan terasa berat, kalian dapat mencoba untuk beristirahat secara teratur, olahraga ringan untuk merileksasi tubuh, dan berilah motivasi pada dirimu sendiri dan ingat kembali apa tujuan kalian bekerja.

 

2. Tentukan skala prioritas

Pekerjaan yang menumpuk kadang membuat kita merasa malas duluan padahal kita belum mengetahui seberapa berat pekerjaan tersebut. Sehingga kalian perlu menjadi pribadi yang teratur. Buatlah skala prioritas pekerjaanmu, dahulukan dari yang paling mendesak untuk dilakukan dahulu. Dengan begitu, pekerjaan kalian akan selesai satu per satu, dan kalian tidak akan merasa berat dengan semua pekerjaan yang menumpuk lagi.

 

3. Manfaatkan weekend sebaik mungkin

Ketika weekend telah tiba, kalian harus menikmatinya sebaik mungkin dengan cara melepaskan semua beban pekerjaan dari pikiran kalian. Manfaatkan weekend kalian sebaik mungkin dengan memanjakan diri sendiri agar pikiran kalian kembali fresh lagi. Contoh kegiatan yang bisa kalian lakukan seperti jalan-jalan dengan keluarga, hangout bareng teman, bahkan melakukan perawatan badan dan hal masih banyak lainnya.

 

4. Buat lingkungan kerjamu terasa nyaman

Lingkungan kerja yang nyaman adalah salah satu faktor utama yang bisa menjaga semangat kerja kalian tetap penuh. Lingkungan kerja yang nyaman berbicara mengenai kantor yang bersih, rapi, tertata, rekan kerja yang nyaman untuk di ajak berdiskusi serta atasan yang baik dan pengertian.

Membuat suasana seperti ini, dapat di mulai dari diri kalian sendiri. Jadilah orang yang peduli dengan kebersihan, jadilah rekan kerja yang nyaman untuk bertukar pikiran, menyenangkan, menuruti perintah atasan tanpa bermalas-malasan dan hal positif lainnya.

 

5. Dekatlah dengan orang yang ceria dan penuh semangat

Dekat dengan orang-orang kantor yang memiliki kepribadian ceria dan penuh semangat bisa membantumu untuk meningkatkan semangat kerja. Ketika kalian memiliki teman yang selalu ceria dan penuh semangat, sifatnya tersebut dapat mempengaruhi kalian untuk selalu tampil positif walaupun situasi kantor dan kerjaan kantor sedang tidak kondusif sekalipun.

 

6. Selalu bersyukur

Memiliki pekerjaan adalah sebuah berkat dari Tuhan, oleh sebab itu apa yang telah kalian capai saat ini, perlu kalian syukuri. Kalian dapat merenungkan kembali bahwa di luar sana masih banyak orang yang sulit mendapat pekerjaan, bahkan memiliki pekerjaan pun mereka tidak. Sehingga dengan rasa syukur ini kalian bisa selalu bersemangat untuk terus bekerja dan memberikan yang terbaik.

Leave your thoughts

Siapa itu Lokerbali?

Lokerbali adalah platform yang memberikan informasi lengkap seputar tips karir dan lowongan kerja / loker di Bali ( Denpasar, Badung, Gianyar, Tabanan, Karangasem, Buleleng, Jembrana, Klungkung, Bangli ) terbaru dan update setiap harinya.

 

Lowongan kerja fulltime, part time, dan daily worker / DW terupdate di Bali