image

Sebagai Teman Yang Baik, Bantu Temanmu Yang Belum Mendapatkan Kerja Dengan Cara Ini

Mungkin saat ini kamu sudah bekerja, dan mungkin ada temanmu yang masih menganggur sampai sekarang. Jika ada, jangan biarkan mereka menghadapi kesulitan itu sendiri. Sebagai teman yang baik, cobalah bantu dia dengan melakukan 5 hal berikut ini.

1. Kenalkan pada teman-temanmu

Mungkin juga teman-temanmu yang lain punya info soal lowongan kerja yang cocok buat temanmu itu. Jadi coba kenalkan dia pada mereka. Lebih bagus lagi kalau kamu mengenalkannya pada teman-temanmu yang pengusaha atau punya posisi penting di perusahaan. Tapi jika memang kamu tidak punya teman seperti itu, bukan masalah, kenalkan saja.

Dengan mengenalkan temanmu pada banyak orang, itu akan membantu dia membangun relasi seluas mungkin. Kamu gak pernah tahu apa yang bisa dihasilkan dari relasi itu. Siapa tahu temanmu dan teman-temanmu yang lain bisa saling diuntungkan dari hubungan yang mereka jalin.

2. Bagikan informasi lowongan kerja

Tips kedua ini merupakan tips yang paling sering dilakukan oleh banyak orang. Ketika kamu punya informasi lowongan kerja atau peluang bisnis yang menjanjikan, coba beritahukan pada temanmu yang belum punya pekerjaan.

Tidak harus lowongan yang benar-benar persis keinginan temanmu. Bukan masalah pula jika kamu tidak yakin apakah dia berminat atau tidak. Cukup infokan saja dan biarkan dia yang memutuskan. Tapi kalian juga perlu berhati-hati untuk tidak memberikan lowongan yang mencurigakan supaya temanmu tidsk tertipu.

3. Beri mereka motivasi dan semangat

Setelah berjuang cukup lama, mungkin temanmu masih belum juga dapat pekerjaan. Wajar jika hal itu membuatnya jadi kecewa atau bahkan hampir putus asa. Kamu bisa membantunya dengan memberi motivasi supaya dia semangat lagi.

Kata-kata motivasi dan pelukan bisa membuat semangatnya langsung naik lagi. Tapi bahkan sekadar chat singkat pun bisa berpengaruh besar. Jadi jangan ragu untuk memberinya motivasi meskipun kamu sangat sibuk.

4. Berikan tips-tips yang memudahkan dia dapat kerja

Karena kamu sudah punya pekerjaan, kemungkinan besar kamu mengetahui tips-tips soal apa saja yang perlu dilakukan supaya cepat dapat kerja. Misalnya tips cara membuat CV yang menarik, cara menghadapi wawancara kerja dengan baik, cara membangun relasi, dan lain-lain. Dan lebih bagus lagi kalau kamu bisa memberi contoh cara melakukannya.

5. Ajarkan skill yang kamu punya

Kalau kamu punya waktu luang, kamu juga bisa mengajarkan temanmu skill yang bermanfaat di dunia kerja. Misalnya kalau kamu fasih berbahasa inggris sementara temanmu kurang lancar, coba ajarkan dia. Kalau kamu pintar masak tapi temanmu gak bisa, coba ajarkan dia.

Jangan pernah remehkan skill yang kamu punya dan menganggapnya gak akan berguna untuk temanmu. Bisa jadi berkat skill yang kamu ajarkan, dia akhirnya dapat kesempatan untuk melakukan pekerjaan yang tadinya sama sekali gak terpikir. Dan ingat, mengajar orang lain itu sekaligus mengasah kemampuanmu lho, jadi kamu sendiri juga dapat manfaat.

Yuk bagikan

tinggalkan komentar kamu


Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sedang Upload