image

Kuliah Sambil Kerja? Ikuti Tips Berikut Ini

Apa kamu termasuk orang yang bekerja sambil kuliah? Jika iya, mungkin kamu terkadang merasa kelabakan saat menjalaninya.

Simak beberapa tips berikut agar bisa melakukan keduanya dengan baik.

1. Miliki niat dan motivasi

Bekerja sambil kuliah merupakan aktivitas yang tidak mudah jika dilakukan secara bersamaan. Jika tidak memiliki niat dan motivasi yang kuat, maka tidak akan memberi kenyamanan untuk melakukan keduanya secara maksimal.

Jadi, pastikan kamu memang benar-benar niat dan suka dalam melakukannya.

2. Tentukan Prioritas

Antara kuliah dan kerja pasti ada prioritas yang paling penting dari yang penting. Pertimbangkanlah peluang dan risiko diantara keduanya. Pikirkan secara matang kerugian yang bisa muncul jika menomor duakan diantara keduanya.

Maka, prioritas yang paling penting harus menjadi pilihan utama jika sewaktu-waktu kamu berada pada kondisi yang memaksamu harus memilih salah satunya.

3. Buat manajemen waktu yang baik

Melakukan dua aktivitas besar yang sama-sama penting harus memiliki manajemen waktu yang baik agar hasilnya maksimal dan proses menjalaninya tidak menjadi tekanan. Maka, aturlah waktu secara realistis yang benar-benar sanggup dan mungkin untuk dilakukan.

Buat porsi waktu ideal dalam belajar dan bekerja, serta fokus dan disiplinlah dalam menjalaninya. Jadi, jangan melakukan tugas-tugas kuliah pada saat waktu bekerja, begitu pula sebaliknya. Ini bertujuan agar pikiranmu bisa lebih berkonsentrasi, tidak mudah teralihkan dan lebih produktif.

4. Tidak perlu sempurna

Mendapatkan hasil maksimal dari kuliah dan bekerja yang dijalani memang menjadi tujuan. Namun, jangan memaksakan keduanya harus sesempurna mungkin. Maksimal bukan berarti harus sempurna tanpa ada celah dan kekurangan sedikitpun.

Kamu harus sadar bahwa ketika melakukan dua pekerjaan besar dalam satu waktu, maka sangat mungkin jika ada peluang salah satunya tidak terlalu maksimal. Namun, bukan berarti tidak bisa maksimal secara seimbang sama sekali. Karena keduanya selalu memiliki peluang. Yang paling utama adalah fokus pada prosesnya dibandingkan hasilnya.

5. Beri jeda untuk menenangkan diri

Tidak bisa dimungkiri bahwa kuliah dan bekerja secara bersamaan adalah dua pekerjaan besar dan tidak mudah. Maka, beri jeda bagi dirimu untuk sejenak menenangkan diri. Tidak masalah untuk sementara melepaskan diri dari aktivitas kuliah dan bekerja. Lakukan aktivitas lainnya yang membuatmu merasa nyaman, tenang dan kembali bersemangat.

Jadi, jangan terlalu kejam pada dirimu sendiri hanya karena ingin mencapai keseimbangan antara kuliah dan bekerja. Kamu juga harus memerhatikan keadaan dirimu. Kamu juga harus tahu kapan kamu harus memulai, memberi jeda atau berhenti.

6. Apresiasi hal-hal yang kamu lakukan

Menyeimbangkan antara perkuliahan dan bekerja tentu membutuhkan tenaga, waktu dan pemikiran yang ekstra. Karena tidak semua orang mampu melakukan keduanya. Jadi, ketika kamu bisa melakukannya tahap demi tahap, maka apresiasilah dirimu dengan hal-hal sederhana.

Hal kecil atau hal besar tetap harus kamu apresiasi pada dirimu, meski hanya sebuah senyuman atau kata-kata positif. Hal ini bertujuan agar kamu semakin bahagia, semangat dan bangga terhadap apa yang sedang kamu kerjakan.

Yuk bagikan

tinggalkan komentar kamu


Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *