image

Ingin Berkarier Sebagai Copywriter? Yuk Simak Tips Berikut Ini

Copywriting adalah aktivitas pekerjaan menulis teks informatif dan kreatif yang biasanya dimaksudkan untuk tujuan iklan atau komersial. Saat ini cukup banyak yang tertarik untuk terjun ke copywriting .

Ada beberapa skill yang mesti dimiliki untuk bisa mendapatkan hasil tulisan yang mumpuni. Berikut ini hal yang harus kamu miliki jika ingin menjadi copywriter

1. Miliki Skill Riset

Tulisan yang penuh makna, kredibel dan berbobot tentunya akan meningkatkan tingkat kepercayaan audience yang membaca.

Sebaliknya, tulisan yang hanya berdasarkan opini belaka cenderung akan sulit untuk diterima target. Oleh karena itu membutuhkan berbagai riset yang baik untuk membuat tulisan yang bagus.

Riset sebetulnya adalah pekerjaan sederhana yang bisa dilakukan setiap orang. Namun, untuk dapat menghasilkan hasil riset yang sesuai dan mendalam juga diperlukan keahlian. Bagaimana melakukannya dengan efisien, efektif, tepat dan akurat?

Caranya, kamu bisa berlatih untuk sering membaca beberapa artikel penting yang menjadi rujukan dari konten-konten penulisan yang kamu inginkan. Kuncinya adalah dengan banyak baca.

2. Paham struktur penulisan yang baik

Seorang copywriter yang baik harus mampu memahami struktur penulisan dan menerapkannya pada konten yang ditulis. Tentunya ini bukan hal yang mudah lho, ada banyak materi yang dimuat di dalamnya.

Menentukan headline yang efektif, lead yang interaktif, format penulisan yang efektif serta ketentuan paragraf dan tanda baca yang sesuai rujukan KBBI dan PUEBI. Copywriter juga harus bisa memfokuskan tulisannya sesuai dengan maksud dan tujuan penulisan konten tersebut.

3. Mampu memilih dan menentukan topik konten yang menarik

Seorang copywriter tidak hanya harus pintar menulis, tapi juga harus jago menentukan topik apa yang menarik dan tepat dalam setiap isu bahasannya. Barulah konten tersebut dapat dituangkan dalam tulisan-tulisan yang interaktif. Mulai dari headline yang menarik atau pemilihan konten-konten yang up to date adalah kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang copywriter.

Mereka juga harus punya daya kreatifitas yang tinggi, karena kita tahu bahwa menulis itu pasti akan banyak membutuhkan ide-ide segar. Belum lagi mereka juga dituntut untuk bisa menarik audience melalui tulisan-tulisannya itu.

4. Mampu menulis dengan efektif

Setelah paham tentang struktur penulisan, copywriter juga harus mampu menulis dengan efektif. Jangan menulis secara bertele-tele, kepanjangan, atau tidak ada kesesuaian antar paragrafnya. Karena itu bisa membuat pembacanya mudah bosan dan tidak tertarik dengan konten yang dibuat. Itulah kenapa penulisan judul dan kalimat-kalimat awal itu sangat penting.

Penulisan yang efektif ini sangat berguna untuk mempertahankan pembaca agar membaca konten sampai selesai. Penulisan yang efektif memungkinkan pembaca untuk tertarik lebih cepat pada artikel yang ditulis. Tulisan yang efektif hanya butuh waktu singkat untuk bisa menarik perhatian pembaca, bahkan dapat berujung pada pengambilan keputusan pembelian dalam satu waktu sekaligus.

5. Mengerti SEO

Mereka yang bergelut di bidang ini pasti tau betul bahwa tulisan yang SEO friendly sangat-sangat dibutuhkan agar konten yang dibuat lebih tersampaikan. SEO copywriting dimaksudkan untuk memaksimalkan kesesuaian target pengguna atau pelanggan dengan konten bisnis yang dibuat si owner.

Dengan content yang SEO friendly, Google akan dengan mudah menampilkan artikel tersebut di halaman-halaman depan. Karena algoritma Google akan menilai bahwa artikel yang kita buat adalah konten yang paling sesuai dengan apa yang dicari pengguna melalui mesin pencarian.

Untuk membuat konten yang bisa SEO friendly tentunya dibutuhkan banyak hal. Salah satu yang bisa dicoba adalah metode AIDA; attention (buat audiance menaruh perhatian), interest (buat audiance penasaran), desire (tawarkan manfaat), action (lakukan/berikan manfaat).


Yuk bagikan

tinggalkan komentar kamu


Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sedang Upload