image

Gak Perlu Bakat, 5 Skill Ini Bisa Kamu Kuasai

Ada banyak keterampilan yang bisa dipelajari siapa pun, tanpa memandang latar belakangnya. Dan berita baiknya, jika kamu sudah mahir menguasai skill ini, akan sangat mendukung kesuksesanmu.

Berikut ini skill yang bisa kamu kuasai tanpa memerlukan bakat

1. Attitude

Mungkin banyak yang meyakini bahwa attitude bukanlah sebuah skill. Tapi percaya atau nggak, attitude baik tidak serta-merta tercipta dengan sendirinya. Ia terlahir dari hasil latihan dalam memilih sikap yang baik. Dan itu gak mudah lho.

Kamu bisa saja dulunya seorang yang senang mengeluh, tapi hasil dari latihan untuk selalu melihat hal positif dalam segala situasi, membuatmu menjadi seperti sekarang. Orang yang dikenal kalem dan tenang meskipun berada dalam kondisi sulit. Tanpa kamu sadari, kamu sudah menguasai satu skill hebat dalam hidupmu.

2. Keinginan untuk belajar

Gak semua orang memiliki keterampilan ini. Ada orang yang sudah begitu saklek dengan pemikiran dan apa yang telah ia pelajari selama ini, sampai susah menerima ide-ide baru.

Padahal dunia ini tidak statis, selalu akan ada perubahan. Dan mereka yang memiliki keinginan untuk selalu belajar dan berpikiran terbuka terhadap perubahan, akan lahir sebagai pemenang.

3. Tepat waktu

Pasti gak sadar ya kalau tepat waktu itu sebenarnya skill yang harus dipelajari. Bagaimana seseorang bisa datang ke kantornya 15 menit sebelum mulai kerja, atau gimana seorang pengantar barang harus sampai di tempat tujuan dengan tepat waktu, itu semua butuh perencanaan. Dan itu, adalah sebuah skill!

Untuk bisa tepat waktu, orang harus mencari tahu dulu gimana kondisi lalu lintas, kira-kira cuaca nanti akan menyebabkan macet atau nggak, kira-kira rute mana yang terbaik untuk dilewati di saat jam-jam sibuk. See? Gak semudah membalikkan telapak tangan kan buat bisa tepat waktu?

Jika kamu sudah hebat dalam menguasai skill yang satu ini, tentu saja akan meningkatkan kredibilitasmu. Kamu akan dikenal sebagai orang yang janjinya bisa ditepati. Kalau bilangnya jam 10, ya jam 10. Bukan tukang ngaret. Orang pun akan senang berhubungan atau menjalin kerja sama denganmu.

4. Etos kerja

Orang yang pintar, tapi etos kerjanya buruk bisa membuat dirinya sulit berkembang. Kerja asal-asalan (meskipun dia mampu), perilaku dengan karyawan lain tidak baik karena sikapnya yang menyebalkan, akan membuat atasan pun mikir apakah orang ini layak dipertahankan?

Sementara karyawan lain yang kurang pintar, tapi etos kerjanya baik, bisa jauh lebih sukses. Misalnya, selalu mengerjakan tugas dengan all out, dedikasinya tinggi terhadap perusahaan, punya inisiatif untuk membantu rekan kerja yang sedang kesulitan. Siapa yang gak mau punya karyawan seperti ini?

Jadi, gak usah berkecil hati kalau kamu tak memiliki otak sejenius Einstein. Etos kerjamu yang baik itu adalah skill yang harusnya membuatmu bangga sudah memilikinya. Tetap dipertahankan ya.

5. Memberi lebih

Ada orang-orang tipe ‘minimalis’, yang ketika diberi tugas, ya udah sesuai tugasnya aja. Tapi ada pula orang yang berusaha memberikan lebih. Saat diminta membuat slide presentasi, ia membuatnya dengan semenarik mungkin sehingga tiap poin dapat tergambar dengan jelas, dan orang yang melihatnya pun senang. Padahal sih bisa saja, ia membuat slide tersebut biasa-biasa aja, toh atasan gak nyuruh macam-macam.

Nah, kalau kamu termasuk orang yang selalu ingin memberi lebih, selamat ya. Tanpa kamu sadari, sebenarnya kamu telah memiliki skill yang bisa mendukungmu sukses lho.

Yuk bagikan

tinggalkan komentar kamu


Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sedang Upload