image

Cara Mudah Untuk Tidak Menunda Pekerjaan Ketika WFH

Saat ini banyak perusahaan yang mulai mengubah sistem kerjanya dengan WFH. Walau sudah mulai familiar dengan WFH, tidak sedikit yang mengalami kesulitan untuk menemukan strategi yang tepat untuk menyelesaikan pekerjaan dengan efektif dan efisien.

Salah satu dampak yang akan kamu alami ketika sudah tidak efisien lagi adalah pekerjaan mu semakin menumpuk akibat mulai menunda-nunda pekerjaan. Lalu bagimana caranya supaya tidak menunda-nunda pekerjaan lagi? Berikut ini tipsnya

1. Buat jadwal kerja yang jelas

Jadwal akan membantu kamu untuk menyelesaikan pekerjaan lebih efektif dan efisien. Seperti di kantor, disarankan untuk punya panduan sejak kapan dan berapa jam kamu perlu bekerja.

Meskipun bekerja di rumah, kamu juga harus tetap disiplin terhadap jadwal.

2. Jaga Komunikasi 

Bekerja dari rumah seringkali jadi kurang menyenangkan karena rasa bosan tidak adanya teman kerja.

Tetaplah jaga komunikasi dengan orang-orang terdekat agar tidak merasa kesepian. Selain rekan kerja, hubungi juga teman membicarakan hal-hal di luar pekerjaan.

3. Jangan mencampur urusan kerja dan pribadi

Bekerja tanpa jadwal yang jelas, membuat kamu jadi mudah mencampur urusan pekerjaan dan pribadi. Waktu yang seharusnya digunakan untuk menyelesaikan tugas malah dipakai untuk menonton film atau tidur. Kerja jadi terbengkalai dan waktumu jadi tidak efektif.

4. Jelaskan bahwa kamu sedang bekerja

Pada saat WFH, kamu pun sebaiknya harus menahan diri untuk tidak membantu melakukan pekerjaan rumah. Kamu perlu menjelaskannya pada keluarga, termasuk anak-anak. Informasikan bahwa pada jam-jam tertentu kamu harus menyelesaikan pekerjaan.

5. Bekerja di Meja

Kesalahan paling umum ketika WFH adalah bekerja dari tempat tidur atau sofa yang membuatnya kurang kondusif.

Ketika tidak bekerja di meja, otak bisa berpikir bahwa kamu sedang bersantai. Hal ini akan membuat pekerjaan jadi tertunda dan kurang konsentrasi.

Yuk bagikan

tinggalkan komentar kamu


Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *