image

5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Ketika Belum Mendapat Pekerjaan

Sebuah penolakan memang suatu hal yang menyakitkan. Namun jangan biarkan penolakan tersebut menjadi alasanmu untuk tidak maju. Jika sampai sekarang kamu sulit mendapat pekerjaan mungkin ada suatu hal yang kurang. Saat belum mendapat pekerjaan, kamu bisa manfaatkan untuk melakukan berbagai macam hal yang berguna.

Berikut ini 5 hal yang bisa kamu lakukan ketika belum mendapat pekerjaan.

1. Kenali kemampuan diri lebih jauh

Cobalah untuk menganalisis dirimu sendiri, apakah kemampuan yang kamu miliki saat ini telah cukup untuk pekerjaan yang kamu lamar?

Jangan pernah segan belajar lagi. Mungkin saja kemampuanmu saat ini justru lebih cocok untuk posisi lain.

2. Isi waktu dengan kegiatan bermanfaat

Bagi kamu yang saat ini sedang menunggu panggilan kerja tanpa kesibukan lain, cobalah untuk mengisi waktu dengan hal-hal positif dan bermanfaat seperti olahraga, ikut workshop atau seminar, mencoba kegiatan volunteer, dan lain-lain.

Dengan melakukan hal-hak tersebut, kamu akan merasa lebih baik dan bahkan bisa menambah pengalaman yang berguna untuk pekerjaanmu nanti.

3. Evaluasi email lamaran, CV, atau portofolio-mu

Cobalah untuk evaluasi beberapa hal berikut ini, seperti apakah subjek dan isi email lamaranmu sudah sopan dan jelas? Lalu, apakah CV-mu sudah mencakup info yang dibutuhkan? dan apakah isi portofolio-mu sudah sejalan dengan perusahaan yang kamu lamar?

Jika ada yang kurang, cobalah untuk perbaiki dan perbagus jika dirasa perlu, sebab hal-hal sepele ini juga bisa menentukan peluangmu untuk dipanggil perusahaan.

4. Latihan Wawancara

Supaya kamu tambah percaya diri, ada baiknya untuk siapkan dulu jawaban atas pertanyaan yang kerap muncul dan kalau perlu, latihlah dirimu di depan cermin. Perhatikan cara berbicara, gestur tubuh, dan tentunya raut wajahmu.

Percaya dirilah, karena itu adalah kunci untuk menjadi lancar.

5. Jangan patah semangat

Ketika belum diterima kerja bukan berarti bahwa kamu tidak kompeten. Faktanya ada banyak sekali faktor yang dapat menentukan keberhasilanmu ketika melamar ke sebuah perusahaan, bukan hanya soal kompetensi saja.

Oleh karena itu, kamu tidak perlu berlarut-larut dalam kesedihan dan cukup fokus pada kesempatan lainnya.

Yuk bagikan

tinggalkan komentar kamu


Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sedang Upload