Mengenal Lebih Jauh Tugas dan Tanggung Jawab Admin Sosial Media

Admin sosial media merupakan seseorang yang dipercaya untuk mengelola serta mengoperasikan segala hal yang berhubungan dengan platformmedia sosial, guna kepentingan promosi atau pun penyampaian informasi dari suatu perusahaan, brand, instansi, lembaga maupun tokoh populer, kepada pengguna internet. Utamanya, kepada followers dari akun media sosial tersebut.

Peran Admin Sosial Media untuk Brand atau Perusahaan :
Selain mengelola dan mengoperasikan media sosial, social media admin memiliki tugas dan tanggung jawab yang lebih banyak dari kelihatannya. Tugasnya pun tak sesederhana yang dipikirkan oleh sebagian orang. Selain itu, karena pekerjaannya lebih banyak remote, admin sosial media bisa bekerja tak kenal waktu, alias 24 jam dalam sehari. Berikut ini adalah peran dari admin sosial media yang perlu Anda ketahui.

  1. Menjaga Kerahasiaan Password serta Keamanan Akun
    Seperti yang Anda ketahui, menjaga kerahasiaan password serta keamanan akun media sosial itu sangatlah penting. Mengingat, kejahatan di dunia internet selalu ada, apalagi untuk akun-akun penting, dan memiliki tingkat engagement yang tinggi.
  2. Merancang Konten untuk Ditayangkan. Sebagai admin sosial media, Anda memiliki tanggung jawab untuk merancang setiap konten yang akan diunggah ke media sosial yang dikelola, dari mulai melakukan riset tentang konten, mempersiapkan gambar atau video, melakukan proses editing, hingga membuat caption atau deskripsi terkait konten tersebut.
  3. Menjadwalkan Konten Tayang. Setelah selesai merancang konten, admin sosial media juga bertanggung jawab untuk menjadwalkan kapan konten tersebut tayang di media sosial. Adminharus melakukan riset, di jam berapa akun media sosial yang dikelolanya mendapatkan impresi serta engagement yang bagus. Tak jarang, admin sosial media rela begadang atau bangun dini hari demi mengunggah konten di jam yang tepat. Selain untuk menghasilkan interaksi, mempublikasikan pada waktu yang pas, tentunya bisa menambah pengikut akun secara organik.
  4. Menjaga Interaksi dengan Followers. Admin media sosial jugaharus menjaga interaksi atau hubungan dengan followers yang ada, seperti menjawab pertanyaan calon pelanggan di kolom komentar, dan direct message, termasuk komentar negatif. Admin sosial media perlu memiliki kemampuan untuk menangani berbagai situasi yang bisa terjadi dalam interaksi di media sosial. Sehingga, jika ada komentar negatif, maka komentar tersebut bisa ditindaklanjuti dengan bijaksana dan akhirnya malah menghasilkan konversi atau dampak positif lainnya.
  5. Membuat Laporan Jika Diperlukan. Tak sekadar merancang dan mempublikasikan saja, di perusahaan tertentu, terutama digital agency yang menyediakan layanan admin sosial media untuk klien mereka, admin pun biasanya akan diberikan tugas membuat laporan insight dari akun yang dikelola, mulai dari demografi followers, peningkatan pengikut dan interaksi, hingga unggahan mana yang paling tinggi tingkat engagement-nya.

Gaji Admin Media Sosial
Sementara untuk admin media sosial pemula honor yang bisa diperoleh sekitar Rp 700 ribu hingga Rp 1 juta per bulan. Ada juga seorang admin instagram sebuah pabrik kue skala UMK yang mendapatkan gaji sebesar Rp 1,7 juta per bulan.

Jadi menjadi admin medsos tidak selalu mendapatkan gaji besar. Makin besar pelaku bisnis yang kalian pegang akun media sosialnya, bisa saja gaji kalian akan besar juga.

Tentang Profesi