image

Soft Skill dan Skill Teknis yang Mampu Mengesankan HRD

Sebuah survey dengan koresponden perusahaan-perusahaan besar seperti Facebook, Amazon, hingga Google telah menemukan bahwa terdapat 5 kemampuan yang sangat diinginkan perusahaan. Jika kamu memiliki kemampuan tersebut, kesempatan untuk lolos akan semakin tinggi.

Berikut 5 kemampuan yang mampu mengesankan HRD

Creative Thinking

Salah satu cara untuk menilai Berpikir kreatif adalah dengan melihat resume kalian. Jika kalian memiliki pemikiran kreatif, kalian akan mampu membuat CV yang akan menarik minat HRD. Selain itu kemampuan berpikir kreatif juga bisa dinilai dari portofolio yang kalian lampirkan di resume.

Selain itu berpikir kreatf juga dapat dilihat ketika kalian bisa menjawab berbagai pertanyaan yang diajukan. Kalian akan mampu meyakinkan HRD bahwa kalian mampu mengisi posisi yang di inginkan, menyelesaikan masalah perusahaan dan memberi apa yang perusahaan butuhkan. Terkadang ada suatu hal yang belum terpikirkan oleh perusahaan, dengan mencari bibit potensial yang memiliki pemikiran kreatif, perusahaan berharap para kandidat ini mampu membuat perusahaan lebih maju.

Analisis Kuantitatif

Sebuah kemampuan dalam menganalisis, mengartikan, dan menyajikan data untuk menyelesaikan masalah ataupun menyusun strategi baru menjadi sangat penting, dan ketika kalian mampu melakukan nya tentu akan sangat menarik minat HRD. Pada dasarnya Perusahaan sangat menghargai kemampuan kalian untuk meninjau data secara teroganisir dan membuat rencana berdasarkan hasil tinjauan tersebut. Jika kalian memiliki berbagai project yang menggunakan analis data, maka cantumkanlah pada CV kalian. Kemampuan analisis kuantitatif atau analisis data ini bisa dipelajari oleh siapa saja.

Microsoft Excel

Siapa yang tidak tau aplikasi yang satu ini. Bisa dikatakan bahwa Excel merupakan salah satu aplikasi penunjang dalam melakukan analisis kuantitatif. hampir seluruh pekerjaan di kantor membutuhkan Excel, tapi akan menjadi sangat sulit jika perusahaan harus mengajari setiap karyawannya bagaimana mengoperasikan Excel dengan benar. Dengan menguasai Excel, tentunya akan menjadi nilai tambah bagi kalian. Dengan menggunakan Excel secara maksimal akan membuat kalian bekerja lebih efisien.

Rendah Hati

Rendah hati, terdengar seperti hal yang bersifat personal untuk menjadi keinginan perusahaan, Tapi memang benar bahwa personaliti rendah hati menjadi salah satu pertimbangan bagi perusahaan dalam memiih karyawannya. Jadilah pribadi yang ramah, rendah hati, sekaligus bersemangat. Kalian tidak bisa datang ke perusahaan dengan pikiran bahwa kamu lebih tahu tentang berbagai hal daripada atasan kamu. Kalian harus bisa menunjukkan keinginan untuk belajar dengan cara tidak segan mengajukan berbagai pertanyaan tentang perusahaan dan posisi yang di inginkan. Perusahaan akan sangat menghargai kemauan untuk belajar dari seorang karyawan baru.

Kemampuan Komunikasi

Kemampuan Komunikasi bisa dinilai dari setiap tahapĀ  penerimaan kerja. Pertama, HRD menilai dari cara kalian membuat cover letter. Cover letter yang dapat menyampaikan maksud dengan jelas dan baik akan menjadi pertimbangan.

Pada tahap psikotest, kemampuan yang satu ini juga diuji, karena pada dasarnya psikotes memang berguna untuk mengetahui karakter diri kita yang sebenarnya. Selanjutnya di tahap yang paling krusial yaitu interview. Pada tahap ini akan dibuktikan apakah kalian benar-benar memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Hal ini tidak diukur dari seberapa banyak kalian menjawab pertanyaan dengan benar tapi lebih kepada bagaimana cara kalian menjawab dan menanggapi semua yang dibicarakan interviewer.

Dengan memiliki lima kemampuan di atas, probabilitas kalian untuk mendapatkan pekerjaan akan semakin tinggi. Jadi, jangan malas untuk mengasah skill kalian.

Yuk bagikan

tinggalkan komentar kamu


Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sedang Upload