Cara Perkenalan Diri Saat Interview Kerja

Cara Perkenalan Diri Saat Interview Kerja

Hai kamu, para job seekers! Kamu pasti udah tahu bahwa perkenalan diri di awal wawancara kerja itu penting banget, kan? Nah, biar kamu bisa tampil oke dan bikin HRD atau calon bosmu suka, yuk, simak tipsnya!

Pertama, perkenalkan diri dengan ringkas.

“Hai, saya [nama kamu], lulusan dari [nama universitas] dengan jurusan [jurusan kamu]. Saya punya pengalaman kerja selama [jumlah tahun] di bidang [bidang kerja kamu].” Jangan lupa tambahkan beberapa prestasi atau keahlian yang relevan, misalnya, “Saya pernah mengkoordinasi proyek [nama proyek] yang berhasil meningkatkan efisiensi tim sebesar [persentase].”

Lalu, jangan lupa tunjukkan passionmu.

“Saya selalu tertarik dalam [bidang atau industri kerja kamu] karena [alasan kamu tertarik]. Saya suka belajar hal baru dan berinovasi untuk memberikan kontribusi terbaik bagi perusahaan.” Ini bisa bikin kamu terlihat enggak cuma mencari pekerjaan, tapi juga bersemangat untuk tumbuh bersama perusahaan.

Terakhir, kasih sentuhan pribadi.

“Selain pekerjaan, saya senang [hobi kamu] dan [kegiatan lainnya]. Saya percaya bahwa keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi itu penting untuk produktivitas.” Nah, dengan begini, kamu bukan hanya kandidat yang kompeten, tapi juga pribadi yang bisa nyambung dengan tim.

Contoh jawaban yang singkat.

“Halo, saya Sarah, lulusan Teknik Informatika dari ITB dengan pengalaman 3 tahun di pengembangan perangkat lunak. Saya pernah memimpin tim dalam proyek X yang meningkatkan efisiensi tim sebesar 25%. Saya selalu tertarik di dunia teknologi karena saya suka mencari solusi untuk masalah yang ada. Di luar pekerjaan, saya suka hiking dan jadi anggota komunitas fotografi. Saya percaya keseimbangan ini bisa membantu saya tetap kreatif dan berfokus dalam pekerjaan.”

Selamat mencoba, dan semoga berhasil dalam wawancara kerja kamu, ya! 😉👍

Interview / Wawancara, Lamar Kerja, Tips

Tinggalkan Balasan