5 Ciri Perusahan Red Flag, Jobseeker dan Fresh Graduate Wajib Hati-Hati!

5 Ciri Perusahan Red Flag, Jobseeker dan Fresh Graduate Wajib Hati-Hati!

Kerja di kantor dengan lingkungan kerja yang jauh dari kata toxic itu udah pasti impian semua pencari kerja. Tapi, karena pengalaman dunia kerja yang masih sangat minim, masih banyak nih,

jobseeker dan fresh graduate terjerat dengan lingkungan kerja yang toxic dan peraturan perusahaan yang nggak masuk akal.

Terus, apa aja sih ciri-ciri perushaan red flag? gimana sih cara menghindari supaya jobseeker dan fresh graduate nggak terjebak dalam perusahaan? Ini ada 5 ciri yang harus kamu perhatiin

1. Perusahaan yang nahan ijazah

Kamu pasti pernah denger ada beberapa perusahaan yang akan menahan ijazah pelamar selama masa kontrak kerja.

Saat ini banyak perusahaan bodong yang menahan ijazah pegawainya.

Inilah sebabnya pencari kerja harus lebih hati-hati dengan syarat yang satu ini. Karena ketika kamu mau ngajuin resign, kamu bisa mendapatkan ancaman ijazah yang nggak akan di kembalikan.

Supaya kamu nggak terjebak sebelum menandatangani surat perjanjian kerja, kamu punya hak untuk nolak atau setuju dengan penahanan ijazah.

2. Minta biaya administrasi

Kalau kamu diminta sejumlah biaya administrasi atau perjalanan selama proses rekrutmen, udah di pastiin perusahaan seperti ini bodong.

3. Deskripsi pekerjaan yang nggak sesuai

Tiap lowongan kerja pasti akan mencantumkan deskripsi pekerjaan “A”, tapi ketika interview taunya pekerjaanmu menjadi “B”, “C”, dan seterusnya

Kalau kamu pernah mengalami ini, lebih baik jangan melanjutkan proses rekrutmen di perusahaan itu ya. Saat interview aja yang seperti ini, gimana nanti kalau kamu udah mulai bekerja?

4. Tidak mendapat upah lembur

Biasaya perusahaan red flag sering banget mengabaikan hal seperti ini, dan nggak membayar hak lembur karyawannya. Karyawan akan di pekerjakan hingga larut malam dan tidak mendapat upah apapun

5. Banyak pergantian karyawan

Salah satu ciri perusahaan red flag adalah pergantian karyawan yang sangat cepat. Kamu bisa lihat dari lowongan kerja atau media perusahaan

Kalau perusahaan membuka lowongan dengan posisi yang beragam secara berulang dalam waktu singkat, ini bisa jadi tanda kalau perusahaan tersebut nggak bisa mempertahankan karyawannya.

Banyak sekali jobseeker dan fresh graduate yang nggak punya banyak ekspetasi dengan perusahaan sehingga cenderung akan menerima perusahaan mana saja yang mau mempekerjakan mereka.

Nah, hal inilah yang pada akhirnya mereka abaikan. Untuk itu, kamu perlu hati-hati dan jauhi perushaan yang punya ciri-ciri yang udah disebutin ya!

Untuk info lowongan khusus fresh graduate kamu bisa cek instagram @freshgraduatebali

freshgraduate, FYI, Tips

Tinggalkan Balasan