Jangan Beri Tahu Nominal Gajimu Ke Orang Lain, Ini Dampaknya!

Di acara keluarga nggak lengkap kalau belum ada pertanyaan “sekarang kerja di mana? gajinya berapa?” bener nggak nih…

Kadang kita lupa dan mudah banget menceritakan tentang diri kita ke orang lain, seperti keluarga, teman, bahkan orang yang baru di kenal. Tapi, kalau nyeritain gaji? waduh… hati-hati lho ya..

Memangnya kenapa sih kita harus menyimpan masalah keuangan kita sendiri? Apa aja sih dampaknya?

Diremehkan dan dihakimi oleh orang lain

Di jamin deh, diremehin dan dihakimi itu nggak enak banget, apalagi soal keuangan. Pasti ada aja orang yang membandingkan gaji kamu dengan teman atau keluarga kamu yang lain. Membandingkan tingkat kesulitan pekerjaan kamu, lebih baik atau buruk.

Jadi, kamu harus pinter-pinter buat mengarahkan pembicaraan ini ke arah yang lain ya

Membuat iri hati dan haus pengakuan

Pernah melihat keluarga atau teman kamu yang usia muda sudah bisa mampu kerja di posisi tertinggi, gaji melimpah, punya kendaraan mewah, keluar negeri tiap bulan? Padahal kebutuhan hidupnya belum terpenuhi..

Kamu nggak perlu iri ya, karena orang seperti itu cuma haus pengakuan orang lain saja, kamu nggak perlu kepengaruh. Inilah kenapa kamu harus menghindari mendiskusikan masalah keuangan supaya kamu nggak selalu terpacu dan berlomba-lomba mendapatkan apa yang orang lain dapatkan. Ujung-ujungnya kamu akan punya rasa iri dan haus akan pengakuan kan?

Tanggung jawab tiap orang berbeda

Pasti kamu punya teman yang habis gajian langsung membeli barang-barang bermerek dengan impulsif, jalan-jalan ke tempat mahal, pergi ke luar negeri dan sebagainya.

Seringkali orang seperti ini menganggap orang yang tidak bisa seperti mereka, yang selalu menghamburkan uang demi kesenangan adalah orang yang tidak bisa menikmati hidup. Yakin?

Tanggung jawab tiap orang sangatlah berbeda, dan prioritasnya pun juga beda. Ada orang yang tidak bisa membelanjakan gajinya untuk kesenangan karena ada harus yang mereka biayai, atau membantu ekonomi keluarga.

Yang jadi masalah, orang-orang seperti ini sering tidak mengerti kondisi kamu, apalagi kalau mereka belum punya tanggungan. Benar begitu?

Jika begini, lebih baik kamu nggak menceritakan masalah keuangan kamu kan?

Uang kamu, urusan kamu

Punya gaji besar dan kebutuhan beragam itu adalah hak kamu sendiri. Nggak ada satupun orang yang boleh ikut campur mengenai keuangan kamu dan sebaliknya

Kalau kamu nggak mau sakit hati dan menyakiti hati orang lain, sebaiknya nggak usah membicarakannya sama sekali.

FYI, gaji

Tinggalkan Balasan