Ingin Jadi Seorang Digital Marketer? Ini Skill Yang Harus Dipersiapkan
Akhir-akhir ini pekerjaan digital marketing menjadi booming, banyak perusahaan yang ingin menggunakan jasa digital marketing untuk menjual produk mereka melalui online.
Biasanya seorang digital marketer bekerja dalam membuat konten, memasang iklan, mengoptimasi website, email marketing, relasi sosial media, dan sebagainya.
Waduh banyak juga ya ternyata?
Tapi tenang, kamu nggak harus bisa semuanya kok. Tapi kalau kamu mau jadi digital marketing yang profesional kamu perlu menguasai skill berikut
Copywriting
Hal terpenting dalam dunia marketing salah satunya adalah menguasai copywriting. Apa sih copywriting itu?
Copywriting adalah mengubah bahasa bisnis yang bersifat teknis ke bahasa yang mudah dipahami terutama kepada konsumen dan bahasa yang digunakan biasanya bersifat persuasif. Kenapa harus persuasif?
Karena jika bahasa yang kamu gunakan meyakinkan, tentunya konsumen akan tertarik dengan produk yang ingin kamu jual.
Skill ini juga membuat kamu lebih santai jika berkomunikasi dengan konsumen dan tentunya konsumen bisa dekat dengan kamu!
Sosial Media Marketing
Saat ini sosial media sangat berpengaruh dalam penjualan suatu produk karena saat ini hampir seluruh manusia di bumi menggunakan media sosial.
Kesempatan besar dari sosial media inilah yang membuat perusahaan sampai umkm beralih, dari beriklan di koran atau flyer di jalanan, menjadi beriklan melalui sosial media.
Akan tetapi kamu juga harus mengetahui dan menganalisa bagaimana produk yang kamu jual dapat menjangkau audiens seluas-luasnya.
Di sinilah tugas seorang sosial media marketing. Nantinya kamu akan mencari target calon pembeli dengan sebuah konten dan promosi sesuai dengan minat pembeli. Social media yang digunakan pun juga harus dilihat potensinya, jangan sampai salah lho! Contohnya saja Instagram dan Twitter. Jika produk yang kamu jual berupa barang rumah tangga, lalu kamu pasarkan di Instagram tentunya akan berbeda jika kamu memasarkannya di Facebook.
Search Engine Optimization
SEO adalah salah satu bagian dari digital marketing, terutama website.
Apa aja sih tugasnya?
Salah satunya adalah riset kata kunci yang bisa menaikkan website kamu jadi nomer 1 di Google. Akan tetapi kamu juga harus mampu beradaptasi, karena persaingan di dunia marketing tiap harinya semakin ketat. Makanya, kamu pun di haruskan untuk selalu update
Project Managemet
Menjadi kreatif saja itu nggak cukup untuk jadi seorang Digital Marketer lho. Kamu juga harus bisa menyusun sebuah strategi dengan baik. Kenapa ?
Proyek digital marketing itu banyak melibatkan pihak dan kontibutor. Mau membuat blog untuk perusahaan saja kamu harus bekerja sama dengan penulis dan divinisi yang berkaitan dengan teknis website. Promosi di media sosial pun juga butuh seorang copywriter, pemasaran dan tentunya admin sosial media.
Jika skill project management tidak ada, maka proyek yang kamu jalani akan berantakan.
Marketing Automation & Technology
Tujuan adanya marketing automation & technology ini kamu bisa dengan bebas menjual produk kamu tanpa hambatan, karena sangat membantu menghemat banyak waktu dan juga tenaga. Tools yang biasanya digunakan oleh digital marketer seperti Hubspot bisa membantu untuk mengubah pengunjung website jadi pelanggan dan nggak perlu promosi satu persatu.
Audience Building
Skill ini adalah cara bagaimana mengikat target konsumen ke brand yang kamu punya supaya menetap. Gimana cararanya?
Pertama kamu harus memahami konsumen kamu apa yang mereka sukai dan media sosial apa yang biasanya mereka gunakan
Kedua, kamu membuat konten untuk menarik perhatian konsumen
Dan terakir mempertahankan engagement seperti buat forum, dan subscribe di kanal lainnya
Data Analysis
Skill ini tentunya memberikan gambaran objektif tentang seberapa besar efektifitas penjualan dan pemasaran yang sedang ataupun sudah selesai di jalankan.
Conversion Rate Optimization
Persentase orang yang berhasil di ubah menjadi pelanggan ternyata juga butuh dioptimasi, kenapa?
Di era saat ini, efektivitas penjualan bisa di ukur dengan mudah. Maka, tugas seorang digital marketer juga semakin sulit untuk meningkatkan pendapatan. Supaya berjalan lancar dan sukses, kamu perlu konten yang relevan dan tepat agar conversion ratenya tinggi.