Teknisi : Pengertian, Tugas & Tanggung Jawabnya

Teknisi adalah seseorang yang memiliki keahlian di bidang teknologi tertentu. Umumnya pekerjaan ini memiliki sistem kerja yang kompleks. Di beberapa bidang, mereka dapat bekerja secara independen atau di bawah pengawasan seorang profesional. Dibanding pekerjaan lain, profesi ini lebih banyak menghabiskan waktu di lapangan daripada di dalam ruangan. Seorang mekanik/Teknisi merupakan orang pertama yang dihubungi saat terjadi kerusakan untuk dianalisa dan dilakukan perbaikan. Tak hanya itu, ia juga bertanggung jawab melakukan pemeriksaan serta perawatan rutin. Secara harfiah teknisi atau technician adalah “minyak” yang menjaga sistem teknologi, misalnya mesin, tetap berjalan.

Tugas utama seorang mekanik adalah membantu dalam mendesain, mengembangkan, uji coba ,dan membuat produk mekanik seperti mesin dan peralatan. Umumnya, mekanik melakukan bermacam tugas, seperti evaluasi sketsa desain baru dan mengganti peralatan, berdiskusi dengan kolega, serta peninjauan blueprint. Mereka juga bertanggung jawab dalam memperkirakan usia peralatan, ruang penempatan mesin, hingga biaya tenaga kerja. Berikut daftar tanggung jawab yang dijalani oleh profesi ini :

  1. Membantu teknisi mesin dengan desain dan tugas perawatan.
  2. Memasang dan melakukan tes diagnosa pada sistem mekanik.
  3. Mengembangkan dan menerapkan rencana perawatan mekanis untuk mencegah kerusakan peralatan yang mahal.
  4. Memecahkan masalah kerusakan dan melakukan perbaikan.
  5. Mendokumentasikan proses dan melakukan pencatatan servis mekanis.
  6. Memantau ketersediaan suku cadang dan mengisi kembali persediaan.
  7. Mengoptimalkan efisiensi mekanis dengan menyesuaikan pengaturan mesin dan peralatan.
  8. Melatih rekan kerja tentang penggunaan mesin dan peralatan mekanis yang aman dan efisien.
  9. Menjaga lingkungan kerja yang rapi dan mematuhi peraturan industri.

Berapa Kisaran Gaji Teknisi ?
Kemampuannya dalam menguasai sistem tertentu, membuat profesi technician banyak dibutuhkan di banyak sektor industri. Dengan kata lain peluang pekerjaan technician ini sangat terbuka lebar. Bahkan, beberapa perusahaan besar menjanjikan gaji yang besar untuk pekerjaan ini. Bagi fresh graduate yang memiliki kemampuan sistem tertentu akan mendapat pelatihan atau on the job training (OJT). Nah, selama mengikuti training ini, seorang teknisi akan mendapat gaji sekitar Rp4 juta – Rp6 juta. Lama OJT tiap perusahaan berbeda-beda, umumnya perusahaan memberlakukan tiga bulan masa probation atau OJT ini. Di Indonesia, rata-rata gaji teknisi berkisar Rp3.389.414 per bulan. Tapi, perlu diingat setiap perusahaan memiliki kebijakan dan standar sendiri dalam menggaji posisi technician.

Pelatihan Gratis

Tinggalkan Balasan