Mengenal Lebih Jauh Tugas & Tanggung Jawab Admin Sales

Sales admin adalah profesi yang menangani pengecekan stok, memproses pemesanan, memastikan kebenaran harga jual, dan lain-lain.
Sales admin merupakan profesi yang bertugas untuk mendukung aktifitas sales terutama yang berhubungan dengan administrasi di suatu perusahaan. Mereka memiliki peran yang cukup penting. Tidak jarang, mereka menjadi titik kontak pertama ketika pelanggan ingin menyampaikan pertanyaan, request layanan pembuatan web dan aplikasi, bahkan keluhan mengenai suatu produk. Oleh karena itu, selain menguasai bidang penjualan, mereka juga harus menguasai customer service skill dengan sangat baik.

Tugas Umum Admin Sales (Admin Penjualan) :

  1. Tangani permintaan konsumen
  2. Mengejar harga jual
  3. Mendesak target pemasaran harian
  4. Menjaga jalinan konsumen setia yang bagus
  5. Menjawab permintaan konsumen lewat telephone
  6. Menghasilkan laporan
  7. Menumbuhkan usaha
  8. Menjaga catatan client
  9. Memberi dukungan perwakilan pemasaran saat mereka ada di lapangan
  10. Tangani panggilan masuk dan korespondensi,
  11. Mengupdate repetisi status pesanan dan perincian pengantaran hingga mereka terus
  12. memberitahukan konsumen
  13. Mengatur janji jumpa untuk team penjualan dan sediakan data presentasi atau produk apa saja yang diperlukan oleh perwakilan untuk diskusi.

Tanggung Jawab Administrator Sales (Admin Sales) :

  1. Tangani faktur pemasaran
  2. Lakukan penagihan pembayaran yang sudah lewat
  3. Mengawasi pesanan yang lagi berlangsung
  4. Layani konsumen, yang kemungkinan membutuhkan bantuan atas permintaan, keinginan, dan keluh kesah
  5. Administrator bertanggungjawab untuk mengolah pesanan lewat telephone, e-mail atau surat
  6. Mengecek jika pesanan mencangkup harga, potongan harga dan nomor produk yang benar dan memasukkan ke dalam sistem komputer perusahaan
  7. Administrator menyimpan catatan pemasaran dan mengupdate catatan konsumen
  8. Sediakan info pemasaran berdasar lini produk atau daerah yang dipakai manager penjualan untuk mempersiapkan laporan dan mengawasi kinerja
  9. Proses pemesanan lewat e-mail atau telephone
  10. Mengecek akurasi data dalam pesanan dan faktur
  11. Terkait dengan departemen Logistik untuk pastikan pengantaran tepat waktu
  12. Menjaga dan perbarui catatan penjualan dan konsumen
  13. Meningkatkan laporan penjualan harian, mingguan, bulanan dan tahunan
  14. Memastikan target penjualan tercukupi dan laporkan penyelewengan apa saja
    Up-to-date dengan produk dan fitur baru

Berapa Gaji Admin Penjualan ?
Besaran gaji yang diterima admin oenualan berdasarkan data rata-rata adalah Rp 3.600.000/bulan

Namun angka ini bukanlah angka yang pasti karena tidak menutup kemungkinan dia mendapatkan gaji lebih. Karena ini berlaku untuk fresh graduare maupun berpengalaman.

Tentang Profesi