Apa Itu Account Officer ? Mengenal Tugas dan Tanggung Jawab Account Officer

Apa itu Account Officer?
Account officer merupakan seorang yang bertugas untuk mengelola pembukuan keuangan suatu perusahaan. AO tidak bekerja sendiri di bidang keuangan, melainkan bekerja dengan para profesional lain seperti Pemegang Pembukuan untuk memastikan finansial perusahaan dicatat secara akurat.

Tugas Account Officer
Tugas utama dari Account Officer (AO) adalah mengatur pencatatan finansial perusahaan. Meski demikian, mereka memiliki sejumlah tugas harian yang meliputi:

  1. Mengenalkan Produk ke Klien
    Tugas pertama adalah mengenalkan produk perusahaan kepada klien. Seorang AO harus bisa mengenalkan produk perusahaan dengan jelas dan detail agar klien dapat mengerti dan paham. Produk yang dikenalkan tentunya masih berhubungan dengan keuangan seperti produk kredit, deposito, dan sebagainya. Jika klien masih belum jelas dan terjadi kendala, AO harus mampu mempertanggungjawabkan hal tersebut kepada atasan dan mencari solusi untuk permasalahan yang terjadi.
  1. Membuat dan memproses invoice
    Seorang AO juga bertugas untuk membuat dan memproses invoice (faktur). Proses invoice adalah seluruh proses yang melibatkan berbagai tahapan mulai dari proses penerimaan invoice hingga pembayarannya. Saat ini, invoice yang digunakan pun bermacam-macam ada yang berbentuk email, PDF, bahkan bentuk fisik (kertas).
  2. Memeriksa ulang antara invoice dengan pembayaran dan pengeluaran
    Setelah memproses invoice, AO juga bertugas memeriksa ulang invoice dengan pembayaran dan pengeluaran perusahaan agar lebih akurat. Periksa semua tanggal yang tercantum dalam invoice untuk memastikan tidak ada yang terlewati. Jika ada tanggal invoice yang tidak sesuai dengan pengeluaran maupun pembayaran, maka AO bertanggung jawab untuk melakukan follow up terhadap klien.
  3. Menjaga hubungan baik dengan klien
    Tugas AO lainnya adalah menjalin hubungan yang baik dengan klien baik klien yang baru bergabung maupun klien lama. Seorang AO harus bisa menjaga hubungan ini tetap berjalan baik dengan dengan berbagai cara, seperti menghubungi klien lewat sambungan telepon atau video call atau berkunjung ke rumah klien untuk sekedar menanyakan kabarnya.
  4. Memberikan solusi kepada klien jika ada kendala
    Selain menjaga hubungan baik, seorang AO juga dituntut untuk dapat memberikan solusi kepada klien jika terjadi kendala baik saat pengajuan, pembayaran maupun pelunasan. AO harus bisa memberi solusi yang menguntungkan dua belah pihak yakni perusahaan dan klien. Oleh sebab itu, seorang AO dituntut untuk berpikir cepat, mampu menganalisa masalah, dan memiliki gaya bicara yang persuasif agar klien dapat merasa aman.
  5. Mengelola hutang dan piutang perusahaan
    Dalam dunia bisnis, hutang dan piutang merupakan dua aktivitas yang wajar terjadi. Setiap perusahaan pasti pernah berhubungan dengan kedua hal tersebut untuk berbagai keperluan bisnis.

Tanggung Jawab Account Officer (AO)
– Memastikan produk perusahaan terkontribusi dan diperkenalkan dengan baik.
– Memastikan konsumen, nasabah, dan juga klien memahami dengan baik.
– Memastikan hubungan terhadap klien terjaga dengan baik.
– Memastikan konsumen mendapatkan solusi yang tepat tentang permaslahan yang dialaminya.
– Menjaga kredibilitas dan juga nama perusahaan dengan baik.

Gaji Account Officer
Dengan berbagai tugas utama yang diemban, tak salah mereka mendapatkan gaji dengan kisaran Rp4 juta. Gaji tersebut bisa saja lebih besar sesuai dengan besarnya bank dan kinerja karyawan. Mereka juga mendapatkan bonus jika mereka dapat mencapai target mencari nasabah.

Tentang Profesi