Terapkan 5 Hal Ini Untuk Mendapatkan Kesan Yang Baik di Hari Pertama Bekerja
Hari pertama masuk kerja merupakan suatu momen yang penting. Selain menjadi starting pointmu tentu kamu ingin mendapat kesan positif sejak awal. Apabila hari pertama masuk kerja kamu sudah mendapatkan kesan yang baik, maka itu dapat menunjang kariermu di masa depan.
Lalu bagaimana cara mendapatkan kesan yang baik di hari pertama bekerja? Berikut ini 5 sikap yang bisa kamu terapkan di hari pertama bekerja.
1. Berpakaian dengan rapi dan sopan
Jangan pernah mengabaikan hal ini. Penting untuk kamu memiliki etika yang baik dalam berpakaian di tempat kerja. Faktor satu ini juga memengaruhi dan menjadi pendukung kemajuan karier kamu. Jadi berpenampilanlah yang rapi dan sopan, sesuaikan dengan aturan berpakaian yang sudah dibuat oleh perusahaan.
Selain akan memberimu kesan positif, penampilan yang baik juga termasuk dalam cara kamu menghormati diri sendiri dan menghargai orang lain yang ada di sekitar kamu. Gunakan pakaian yang gak terlalu menunjukkan bentuk tubuhmu. Tampilkanlah dirimu seperti seorang profesional, atasan dan rekan kerja pasti akan menilaimu dengan baik.
2. Berperilaku baik di mana pun kamu berada
Dengan siapapun kamu berhadapan, berperilaku baik merupakan hal penting yang harus dilakukan. Terlebih di tempat bekerja, menunjukkan perilaku baik tentu akan mengesankan bahwa kamu pribadi yang positif. Gak perlu mencari muka untuk mendapatkan kesan positif dari orang lain. Kamu cukup tunjukkan perilaku yang selalu bersemangat, penuh kegigihan, dan suportif.
Perilaku itulah yang akan membuat orang terpana denganmu, orang-orang di sekitar pun akan merasa nyaman dengan kehadiranmu yang selalu menularkan energi positif. Perilaku ini juga bisa membuatmu memiliki hubungan baik dengan rekan kerja.
Berusahalah untuk gak mengeluh ketika pekerjaan di hari itu sangat menumpuk. Daripada mengeluh, lebih baik kamu gunakan waktu untuk menyelesaikan tanggung jawab pekerjaanmu.
3. Perlihatkan potensi yang kamu miliki
Saat pertama kali masuk kuliah atau sekolah dulu, pasti ada beberapa hal yang perlu kamu pelajari. Nah, hal tersebut berlaku juga untuk kamu yang baru saja pertama kali bekerja.
Pelajarilah dengan sungguh mengenai sistem kerja di sana hingga tugas-tugas apa saja yang harus kamu lakukan. Berusahalah mengerjakan dengan cermat dan menyelesaikan pekerjaanmu secara tepat waktu.
Seorang karyawan baru, biasanya akan diberikan tugas yang mudah terlebih dulu. Apabila kamu adalah seseorang yang suka dengan tantangan, mengerjakan tugas yang mudah dan berulang-ulang memang akan membuat bosan. Namun, bersabarlah dan selesaikan semuanya dengan sebaik mungkin agar kamu mendapatkan kesan yang positif.
Perlihatkan potensi kamu dengan maksimal dalam menyelesaikan pekerjaan yang diberikan oleh perusahaan.
4. Menjadi pribadi yang selalu ingin belajar
Pada awal bekerja, atasan kamu tentu akan memaklumi jika kamu belum begitu memahami bidang pekerjaanmu, apalagi jika ternyata ini adalah pertama kalinya kamu bekerja.
Namun, hal yang harus kamu lakukan adalah teruslah bersemangat dan selalu menunjukkan bahwa kamu adalah pribadi yang selalu ingin belajar. Hal ini juga akan menjadi perhatian atasan kamu, lho.
Wajib banget untuk kamu memiliki kemauan belajar yang tinggi agar kamu dapat memberikan hal lebih kepada perusahaan. Cobalah meluangkan waktu untuk belajar tentang ilmu-ilmu baru, baik itu berhubungan dengan bidang pekerjaanmu maupun bidang lain yang bisa mendukung hal tersebut. Apabila kamu mengalami kesulitan, jangan ragu untuk bertanya pada rekan atau atasan kamu.
Namun, ketika suatu saat kamu melakukan kesalahan, jangan pernah menutupinya. Sebaiknya beranilah mengakui kesalahanmu dan belajarlah dari hal itu agar kamu gak melakukan kesalahan yang sama untuk kedua kalinya.
5. Jalin koneksi yang baik dengan atasan di tempat kerja
Berhubungan baik dengan atasan akan memberikan efek baik untuk kemajuan karier kamu.
Cara yang dapat dilakukan agar terjalin hubungan kerja yang profesional dan baik adalah mencari tahu apa saja yang atasan kamu inginkan dalam pekerjaan. Oleh karena itu, lakukan pekerjaanmu dengan sebaik mungkin. Dengan begitu, setelah beberapa hari bekerja, kamu akan mengetahui tentang pekerjaan seperti apa yang diinginkan dan disukai oleh atasan.
Pelajari juga tentang cara berkomunikasinya, karena itu juga merupakan hal penting untuk dapat terhubung dengan baik. Pekerjaan yang sempurna, jika didukung dengan cara berkomunikasi yang sesuai, akan sangat menunjang kariermu.
Selain mengobrolkan masalah pekerjaan, kamu juga akan mampu mengobrol dengan asyik tentang hal-hal yang lainnya. Berangkat dari pembicaraan ringan yang kamu lakukan, bisa saja terbuka kesempatan untuk kamu mendapatkan jenjang karier yang lebih tinggi suatu hari nanti.